Musrenbang Kota, Ini Dua Fokus Utama Pemkot

Komentar Dinonaktifkan pada Musrenbang Kota, Ini Dua Fokus Utama Pemkot

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan dasar bagi masyarakat khususnya
pelayanan pendidikan dan kesehatan. Dua kebutuhan dasar masyarakat tersebut jadi fokus pemkot dalam Musrenbang Kota di Ruang Pola Kantor Walikota Parepare, Jumat (23 Maret 2018).

Musrenbang yang dihadiri juga perwakilan Gubernur Sulsel yaitu Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP HM. Andi Yamin lalu dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Daerah Kota Parepare H. Iwan Asaad. Dalam sambutan penjabat walikota yang dibacakan Iwan Asaad, pemerintah kota menegaskan komitmen untuk terus berinovasi menghadirkan pelayanan yang berkualitas terhadap dua hal mendasar. Keduanya yakni pendidikan dan kesehatan yang berkualitas. Keduanya dianggap berperan besar dalam peningkatan sumber daya manusia yang memang juga menjadi prioritas pembangunan daerah.

Musrenbang Kota tahun 2018 mengambil tema, “Melalui Musrenbang Kita Tingkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan serta Mendorong Pembangunan Berkelanjutan Menuju Parepare lebih Maju”. Dalam sambutan itu, Iwan mengungkapkan, pembangunan di bidang Pendidikan selama ini turut mempengaruhi meningkatnya indeks Pendidikan di mana tahun 2015 mencapai 73,46 persen dan meningkat menjadi 73, 54 persen di tahun 2016.

Peningkatan Indeks Pendidikan ini turut mempengaruhi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia Kota Parepare. “Berbagai program di bidang kesehatan juga berpengaruh pada Angka Harapan Hidup (AHH). AHH Kota Parepare mengalami trend peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2014 AHH Kota Parepare sebesar 70,39 Tahun, pada tahun 2015 meningkat menjadi 70,59 Tahun dan kemudian pada tahun 2016 AHH mencapai 70,64 Tahun,” urai mantan Kadis Kominfo Parepare dan Kabag Humas tersebut.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap peningkat Indeks Kesehatan. Indeks Kesehatan di tahun 2015 mencapai 77,83 persen dan meningkat di tahun 2016 menjadi 77,91 persen.

Iwan mengaku optimis Parepare akan terus mengalami peningkatan demi peningkatan kualitas sumber daya manusia Kota Parepare. Kepala Bappeda yang merangkap sebagai Plt Sekda Parepare itu yakin Kota Parepare akan terus dilirik sebagai satu destinasi penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang bersifat regional maupun nasional. Hal ini tidak lepas dari penataan kota yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Peningkatan pelayanan Pendidikan dan kesehatan serta pembangunan infrastruktur kepariwisataan akan terus digenjot dalam upaya menghadirkan banyak telapak kaki (kunjungan) di Kota Parepare. ( )