Embung Kota Parepare Akan Tampung 115 Ribu Meter Kubik Air

Komentar Dinonaktifkan pada Embung Kota Parepare Akan Tampung 115 Ribu Meter Kubik Air

Parepare_ Rencana Pembangunan Embung yang berlokasi di Kelurahan Lemoe Kecamatan Bacukiki telah masuk dalam tahapan pembebasan lahan dan kemudian berlanjut pada pengerjaan tahapan pertama. Embung yang akan berdiri di lokasi seluas 4.8 hektar ini akan menampung 115 ribu meter kubik air atau 115 juta liter air.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Pompengan Sungai Jeneberang, Iskandar ST saat bertemu dengan Penjabat Sementara Walikota Parepare Luthfi Natsir di Ruang Rapat Kantor Walikota Parepare. Iskandar menjelaskan, jika tahapan pembebasaan lahan telah selesai maka akan dilakukan dilakukan penandatangan kontrak tahap pertama senilai 17.5 miliar. “Nanti setelah penandatanganan kontrak, Minggu depan sudah dilakukan konsolidasi agar pekerjaan sudah dapat dimulai,” Jelasnya.

Kepala balai besar wilayah sungai jeneberang, Ir T Iskandar MT pada pertemuannya dengan Pjs Walikota Parepare meminta dukungan kepada pemerintah kota Parepare agar proses pembangunan embung segera berjalan dan menggunakan anggaran semaksimal mungkin agar tida ada pengembalian.

Iskandar menyampaikan pembangunan embung dengan kapasitas 115 ribu meter kubik ini nantinya diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan air dan mudah mudahan 2019 mendatang kebutuhan kita dapat memenuhi. “Sekarang ini non musim, jadi pasokan air sangat kecil,” Jelasnya.

Pjs Wali Kota Parepare dalam arahannya memberikan dukungan penuh “saya harapakan camat dan lurah untuk terus melakukan koordinasi dengan Masyarakat pemiliki lahan terkait progres pembebasan lahan pembangunan Embung,” Jelas Luthfi.

Luthfi Natsir menambahkan bahwa Pemkot Parepare memberikan jaminan untuk mensukseskan dan mendukung penuh pembangunan embung hingga dapat dipergunakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Kota Parepare.

Pjs Wali Kota Parepare dalam arahannya memberikan dukungan penuh “saya harapakan camat dan lurah untuk terus melakukan koordinasi dengan Masyarakat pemiliki lahan terkait progres pembebasan lahan pembangunan Embung,” Jelas Luthfi.

Luthfi Natsir menambahkan bahwa Pemkot Parepare memberikan jaminan untuk mensukseskan dan mendukung penuh pembangunan embung hingga dapat dipergunakan dan dinikmati oleh seluruh masyarakat Kota Parepare. Embung atau cekungan penampung (retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau)./PK