Dinilai Layak, ITB Nominasikan Parepare Kota Cerdas

Komentar Dinonaktifkan pada Dinilai Layak, ITB Nominasikan Parepare Kota Cerdas

WhatsApp Image 2017-07-31 at 10.52.12

PAREPARE – Program Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) yang digelar ITB memasukkan Kota Parepare sebagai nominator Kota Cerdas. Program ini akan mengukur sejauh mana kecerdasan sebuah daerah melahirkan inovasi untuk pengembangan dirinya.

Saat ini, Parepare tengah mengikuti uji kelayakan tentang penggalian potensi daerah dan karakter lokal, yang menjadi alat ukur Kota Cerdas.

Dalam Rapat Pembahasan RKCI, Senin (31/08/2017), di ruang rapat bappeda, Kabid Perencanaan Wilayah dan Ekonomi, Bappeda,  Zulkarnain, ST, M.Si, berharap Parepare bisa masuk dalam rating sepuluh besar Kota Cerdas di Indonesia.

“Kita berharap uji kelayakan ini memberikan hasil yang maksimal. Dan upaya-upaya yang telah dilakukan melalui sejumlah inovasi yang mewarnai pembangunan di segala bidang, mulai dari sektor pelayanan publik, pendidikan,ekonomi, kesehatan, pariwisata, lingkungan, sosial budaya dan lain sebagainya bisa memberi dampak memuaskan dalam penilaian Kota Cerdas,”papar Zulkarnain

 RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakter lokal. Program ini bertujuan untuk melakukan pengukuran kinerja pengelolaan kota terhadap pelayan masyarakat, memberikan gambaran yang lebih komphrehensif mengenai kondisi kota dan permasalahan di dalamnya, memberikan pedoman bagi stake holder kota dalam membangun layanan kota, serta sebagai proses evaluasi berkelanjutan dalam implementasi smart city di kota kota Indonesia.

“Ini juga sekaligus menjadi dukungan dan alat pacu bagi kami yang saat ini sedang membangun Parepare menuju smart city. Dengan adanya program ini, akan memberikan efek stimulan yang besar bagi kami untuk senantiasa mampu menghadirkan inovasi-inovasi pembangunan terbaik” terang Kasubid ekonomi dan keuangan Bappeda, Andi Dirham, SE.

Secara umum, pemetaan Kota Cerdas bermanfaat untuk mendapatkan gambaran seberapa besar kesiapan dan daya dukung kota-kota di Indonesia dalam meningkatkan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara bagi pihak pengusaha, pemetaan Kota Cerdas bermanfaat untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang kota-kota yang potensial untuk berinvestasi./nir