Diseminasi Hasil Penyusunan Pra RP2KPKP dilaksanakan

Komentar Dinonaktifkan pada Diseminasi Hasil Penyusunan Pra RP2KPKP dilaksanakan

DSC_0217

Parepare – Untuk menangani permukiman kumuh di wilayah perkotaan, Bappeda Kota Parepare melalui  Bidang Prasarana Wilayah dan Ekonomi, menyelenggarakan diseminasi hasil penyusunan Dokumen Pra Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (Pra RP2KP-KP) bertempat di ruang Rapat Kantor Bappeda, Kamis 6 April 2017. Diseminasi tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Bappeda Kota Parepare Umar, S.Pd., M.Pd didampingi Andi Talhayanti, ST.

Dalam diseminasi turut dihadiri dari berbagai OPD Teknis, LAPAN, BPN dan tamu undangan lainya. Dalam sambutannya Sekretaris Bappeda memaparkan, ”dalam diseminasi ini akan dilakukan verifikasi bersama sebagai perumusan dan penyelesaian dokumen Pra RP2KPKP dengan kualitas yang baik meliputi aspek indikator kumuh dan rencana pentahapan pengurangan kumuh yang terukur” paparnya.

“sehingga lahirlah dokumen RP2KPKP yang merupakan rencana aksi penanganan dan pencegahan permukiman kumuh perkotaan yang berisi strategi, kebutuhan program dan investasi untuk mewujudkan permukiman bebas kumuh dan diharapkan bermanfaat bagi pelaksanaan dan penanganan permukiman kumuh menuju infrastruktur permukiman layak huni dan berkelanjutan di Kota Parepare ini”, imbuhnya.

DSC_0228

Konsultan penyusun dokumen RP2KPKP Supriadi Takwin, ST., M.Eng beserta pendamping Noor Ilhamsyah, ST memaparkan beberapa outline dokumen RP2KPKP yang meliputi Penjelasn umum, Overview kebijakan pembangunan permukiman dan permukiman kumuh, profil kawasan kumuh, serta penanganan kawasan kumuh.

Dalam pemaparannya, Supriadi Takwin mengungkapkan,” dokumen RP2KPKP merupakan dokumen terpadu dan menyeluruh (Komprehensif), yang tidak hanya berisikan tentang rencana tetapi meliputi tahapan persiapan, verifikasi lokasi pemutakhiran profil kawasan kumuh dan lain sebagainya”, ungkapnya.

DSC_0220

Sesuai dengan SK Kawasan Kumuh Kota Parepare No. 331 tahun 2014 ada beberapa hal yang turut dibahas yakni meliputi data profil permasalahan permukiman, data terkait peta batas RW dan RT melalui overlay dengan citra satelit, data deliniasi kawasan kumuh dan kawasan penghubung, data profil dan deliniasi kawasan yang telah disepakati, serta posisi kawasan prioritas dokumen RKPKP 2015 terhadap dokumen RP2KPKP Kota Parepare. /(Adm).