Kepala Puslatbang KMP LAN Sebut Parepare Lumbung Inovasi, Menarik Daerah Lain Datang Belajar

Komentar Dinonaktifkan pada Kepala Puslatbang KMP LAN Sebut Parepare Lumbung Inovasi, Menarik Daerah Lain Datang Belajar

Kepala Puslatbang KMP LAN Sebut Parepare Lumbung Inovasi, Menarik Daerah Lain Datang Belajar

MAKASSAR — Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar, Andi Taufik tidak ragu menyebut Kota Parepare sebagai lumbung inovasi. Itu menjadikan daerah lain tertarik datang ke Parepare mempelajari inovasi-inovasi yang telah dilakukan.

Hal ini diungkap Andi Taufik dalam sambutan saat pembukaan Workshop Penguatan Inovasi Daerah Kota Parepare 2023 di Puslatbang KMP LAN Makassar, Kamis, 7 Desember 2023.

“Tidak ada ruginya melakukan inovasi, karena bisa mengubah sesuatu menjadi lebih baik terutama proses pembaruan sistem layanan. Dan Parepare ini lumbung inovasi, karena itu banyak daerah kita dorong ke Parepare untuk melihat bagaimana dengan segala keterbatasan inovasi berkembang dengan sangat bagus di Parepare. Itu membuat sistem pelayanan semakin baik, dan Parepare semakin menarik,” ungkap Andi Taufik.

Dalam kesempatan itu, Andi Taufik turut berbagi sugesti kepada 65 inovator asal Parepare. “Jangan takut berinovasi yakinlah bahwa anda mampu melakukan sesuatu agar alam semesta memberikan kemampuan. Jangan mencari orang yang menjatuhkan anda tetapi yakinlah diri anda bahwa anda bisa sukses dari sebelumnya. Bacalah buku Life Is Beautiful, nikmatilah kehidupan anda agar merasa nyaman melakoni kehidupan,” kutipan sugesti Andi Taufik.

“Kehidupan itu berjalan begitu cepat. “Discruption” perubahan terjadi secara cepat dan tidak bisa hindari. Kita sebagai birokrasi harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan inovasi itu tidak bisa dihindari, sudah menjadi life style. Inovasi tidak perlu dihindari harus kita yakinkan diri mampu kita jalankan. Sehingga bisa menjadi amal jariyah apabila inovasi yang kita lakukan dapat dilaksanakan orang lain. Selamat berinovasi semoga Parepare lumbung pembelajaran bagi daerah lain,” penegasan sugesti Andi Taufik.

Sementara Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali yang membuka kegiatan secara virtual menekankan, inovasi menjadi gerakan bersama dan harus terus berkelanjutan agar masyarakat Parepare dapat semakin meningkat kesejahteraannya.

“Inovasi bukan hanya kepentingan pemerintah dan jajaran birokrasi akan tetapi menjadi kepentingan masyarakat. Sehingga jika pemerintah tidak melakukan inovasi maka akan mengurangi kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ingat Akbar Ali.

Akbar Ali mengungkapkan, pada 2023 ini, direncanakan akan ditetapkan Peraturan Daerah Kota Parepare tentang Penyelenggaraan Inovasi Daerah. Peraturan Daerah ini merupakan inisiatif DPRD Parepare sebagai upaya agar keberlanjutan pelaksanaan inovasi dapat terus dilaksanakan.

“Hal ini menandakan bahwa inovasi-inovasi yang kita lakukan selama ini mendapat dukungan dan apresiasi dari DPRD Kota Parepare. Karena itu, saya berharap pada seluruh SKPD wajib berinovasi minimal satu inovasi setiap tahunnya agar apa yang kita sudah capai saat ini dapat terus dipertahankan. Dan ke depannya langkah-langkah penguatan inovasi terus dilakukan agar berdampak pada kesejahteraan masyarakat, serta adaptif menjawab dinamika permasalahan yang dihadapi,” tegas Akbar Ali.

Dia berharap dukungan Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk terus melakukan pembinaan dalam penguatan inovasi di Parepare. “Harapannya agar sinergitas ini akan terus terjalin pada tahun-tahun berikutnya,” tandas Akbar Ali.