Twinning Program, Sidoarjo Berkunjung ke Parepare Kolaborasi Pengelolaan Air Limbah

Komentar Dinonaktifkan pada Twinning Program, Sidoarjo Berkunjung ke Parepare Kolaborasi Pengelolaan Air Limbah

PAREPARE — Mentor UPTD PAL Kabupaten Sidoarjo melakukan kunjungan ke mentee UPTD PAL Kota Parepare. Kunjungan ini merupakan twinning program kolaborasi pengelolaan air limbah dengan Sidoarjo sebagai mentor dan Parepare mentee. Kunjungan tim mentor dari Sidoarjo diterima di ruang rapat Bappeda Parepare, Rabu, 26 Februari 2020. Hadir dalam pertemuan itu Ketua Forkalim, Ketua BaKTI Unicef,
Tim Mentor Sidoarjo, Kepala Bappeda Parepare yang diwakili Sekretaris Bappeda Zulkarnaen, wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parepare, Tim Mentee Parepare, Konsultan pendamping Ibu Srindit, Pokja AMPL Provinsi Sulsel, Enos dari Bappeda Sulsel.
Kepala Bappeda Parepare melalui Sekretaris Bappeda Zulkarnaen dalam sambutan menyambut baik twinning program ini.
Hal ini, kata dia, merupakan upaya meningkatkan kapasitas dan kompetensi operator pengelola Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) di Indonesia.
“Melalui program ini UPTD PAL Parepare terpilih menjadi salah satu mentee dengan topik mendesain, mengoperasikan, dan memelihara IPLT konvensional dengan mentor UPTD Pal Sidoarjo,” kata Zulkarnaen.
Zulkarnaen mengemukakan, output dari kunjungan I mentor Sidoarjo ke mentee Parepare adalah terlaksananya pertemuan antara tim mentor IPLT Sidoarjo dengan Pemkot Parepare menyajikan kajian pengembangan IPLT Parepare untuk menjadi mandat dari studi visit I mentee ke mentor.
“Lalu teridentifikasinya agenda prioritas pelaksanaan RKTL studi visit I khususnya yang berkaitan dengan penyusunan SOP operasional IPLT, pengembangan sludge drying bed (SDB) guna mendukung layanan L2T2 ke depan serta penambahan dan peningkatan kualitas SDM operator,” papar Zulkarnaen.
Output selanjutnya adalah terlaksananya asistensi teknis di lokasi IPLT bagi tim operator IPLT Parepare mengenai penanganan masalah teknis instalasi.
Serta tersusunnya agenda penyepakatan target dari RKTL studi visit I untuk selanjutnya direview bersama dengan mentor Sidoarjo melalui studi visit 2 mentee ke mentor.
“Kami harapkan melalui twinning program ini yaitu kunjungan mentor IPLT Griyomulyo Sidoarjo dapat memberikan dukungan dan bantuan teknis kepada mentee IPLT Parepare mengenai langkah-langkah strategis implementasi RKTL studi visit I serta solusi dari masalah-masalah yang dihadapi,” harap Zulkarnaen. (*)