Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik, Erna R Taufan Bagi Thumbler di Musrenbang Lapadde

Komentar Dinonaktifkan pada Kampanyekan Kurangi Sampah Plastik, Erna R Taufan Bagi Thumbler di Musrenbang Lapadde

PAREPARE — Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan turut mengkampanyekan upaya pengurangan sampah plastik sekali pakai di Parepare.

Hadir di Musrenbang Kelurahan Lapadde, Kecamatan Ujung, Parepare, Senin, 27 Januari 2020, Erna Rasyid Taufan memanfaatkan momen itu untuk mensosialisasikan pentingnya mengurangi sampah plastik, dan membagikan thumbler sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

“Thumbler ini kami bagikan kepada peserta Musrenbang Kelurahan Lapadde, agar setop menggunakan air dalam kemasan. Gunakan thumber ini untuk minum, dan bisa dibawa ke mana-mana,” harap Erna R Taufan.

Gerakan mengurangi sampah plastik ini sekaligus mendukung Peraturan Wali Kota (Perwali) Parepare nomor 22 tahun 2019 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Sekali Pakai.

Tidak hanya di Musrenbang ini, dalam beberapa kegiatan, Erna R Taufan yang juga Ketua Dewan Kehormatan Forum Komunitas Hijau (FKH) Parepare mensosialisasikan penggunaan botol thumbler sebagai produk pengganti bahan plastik sekali pakai.

Penggunaan botol thumbler ini diatur dalam Perwali 22. Dalam Perwali 22 disebutkan bahwa plastik sekali pakai yang selanjutnya disingkat PSP adalah segala bentuk alat/bahan yang terbuat dari atau mengandung bahan dasar plastik, lateks sintetis atau sejenisnya dan diperuntukkan penggunaan sekali pakai.

Pembatasan timbulan sampah sekali pakai yang selanjutnya disebut pembatasan timbulan sampah PSP adalah cara untuk meminimalisir volume, distribusi dan penggunaan PSP.

Produk pengganti PSP adalah produk yang menggunakan bahan ramah lingkungan, terurai dengan cepat dan/atau tidak sekali pakai

Karena itu dalam Perwali, Pemda menetapkan produk pengganti PSP meliputi, botol thumbler, sedotan kertas dan/atau sedotan aluminium, kotak makan kardus dan/atau kotak makan logam, kantongan/keranjang berbahan daur ulang, dan gelas berbahan kaca, keramik, aluminium, atau mika.

Hadir dalam Musrenbang di Lapadde, Wakil Ketua DPRD Parepare M Rahmat Sjamsu Alam, Camat Ujung Andi Ulfa Lanto, Koordinator Tim IV Bappeda Syarifullah, Lurah Lapadde Sri Meiriani, Ketua LPMK Lapadde Ibrahim Suanda, ketua RT, ketua RW, dan stakeholder lainnya. (*)