Parepare Jadi Satu-satunya di Sulsel Dinilai Layak Program Kota Tanpa Kumuh

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Jadi Satu-satunya di Sulsel Dinilai Layak Program Kota Tanpa Kumuh

PAREPARE — Kota Parepare akan menjadi satu-satunya di Provinsi Sulsel yang mendapat bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR untuk program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tahun ini.

Itu setelah pada tahap akhir penentuan program sebelum proses lelang hanya Parepare yang dinilai paling siap dan memenuhi syarat melaksanakan program.

Tiga daerah lainnya yang sebelumnya masuk program ini yakni Makassar, Palopo, dan Gowa batal karena dinilai tidak siap sehingga tidak memenuhi syarat.

Hal ini diungkap Ketua Pokja PKP Bidang Perencanaan, Zulkarnaen, Minggu, 7 Juli 2019.

“Hanya Parepare yang dinilai penuhi syarat, sehingga dalam waktu dekat segera proses lelang,” ungkap Zulkarnaen.

Melalui program KOTAKU, Parepare mendapatkan bantuan senilai Rp12 miliar lebih.

Zulkarnaen yang juga Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Bappeda Parepare mengemukakan, program KOTAKU di Parepare untuk penanganan kumuh skala kawasan utamanya di kawasan niaga. Salah satunya di kawasan niaga Lakessi.

Melalui program KOTAKU ditargetkan pembenahan di kawasan Gerbang Niaga Lakessi menjadi lebih representatif. Tidak lagi terkesan kumuh seperti saat ini.

“Jadi program KOTAKU memberikan bantuan Rp12 miliar lebih. Tahap pertama kucur Rp8,7 miliar, sisanya diharapkan dalam tahun ini juga,” terang Zulkarnaen.

Program untuk penanganan kumuh skala kawasan di Parepare, direncanakan lima kegiatan yakni reservoar, IPAL komunal, pembangunan jalan, pembangunan drainase, dan RTH.

Wilayah yang mendapat bantuan itu adalah Kelurahan Ujung Sabbang, Lakessi, Kampung Pisang, dan Watang Soreang.

“Di kawasan niaga Lakessi juga direncanakan pembangunan Pasar Rakyat dan pasar basah. Nah, inilah yang akan disinergikan dengan program KOTAKU,” tandas Zulkarnaen. (*)