Tertib BAB, Parepare Unggul Dibanding Makassar

Komentar Dinonaktifkan pada Tertib BAB, Parepare Unggul Dibanding Makassar

Untitled-1

PAREPARE – Kota Parepare berhasil menduduki posisi puncak klasemen verifikasi Open defecation free (ODF), Senin (19 Juni 2017). Sebelumnya, Parepare terpuruk di peringkat 4 di bawah Kota Makassar, Gowa dan Soppeng.

Hal ini dilaporkan oleh tim verifikasi ODF yang diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Parepare kepada Bappeda selaku Koordinator Tim Pembina Kota Sehat. Menurut Kasma, capaian ini akan terus dipertahankan hingga verifikasi tuntas di 22 Kelurahan di Kota Parepare. “Parepare siap ODF tahun ini dan akan kami maksimalkan segala kerja-kerja tim guna mendukung tercapainya ODF,” tegasnya.

Open defecation free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam suatu komunitas tidak lagi melakukan perilaku buang air besar sembarangan yang berpotensi menyebarkan penyakit. ODF merupakan program nasional yang saat ini tengah digalakkan di Sulawesi Selatan. Program ini merupakan satu dari 5 pilar Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang melekat dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 tentang Santitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

aa

Verifikasi ODF Kota Parepare mencapai 100 persen pada Senin (19/06/2017)

ODF merupakan tools untuk mewujudkan Kota Sehat. Melalui program STBM, ODF hadir sebagai instruksi yang melarang setiap warga buang air sembarangan. ODF sebagai satu bagian dari STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

Program ini digerakkan sebagai alat pacu bagi masyarakat untuk menciptakan pola hidup sehat dan meninggalkan praktek-praktek non-higienis. Melalui dukungan pemerintah daerah yang dipantau langsung oleh Dinas Kesehatan Kota Parepare, Parepare bergerak menuju ODF. Hasil tak dinyana dilaporkan hingga hari ini, bahwa klaim verfikasi ODF bertahan di peringkat pertama di Sulawesi Selatan. /(Nir)