Monev Tim Gugus Tugas KLA Parepare Siap Terus Bersinergi Wujudkan Kota Layak Anak

Komentar Dinonaktifkan pada Monev Tim Gugus Tugas KLA Parepare Siap Terus Bersinergi Wujudkan Kota Layak Anak

PAREPARE — Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Parepare menggelar rapat monitoring dan evaluasi (Monev) terkait penginputan KLA 2024 di Ruang Rapat Bappeda Parepare, Rabu, 20 Maret 2024.

Rapat dipimpin Kepala Bappeda Parepare selaku Wakil Ketua Tim Gugus Tugas KLA Parepare, Zulkarnaen Nasrun didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Parepare selaku Sekretaris Gugus Tugas KLA Parepare, Jumadi, dan diikuti oleh SKPD anggota Gugus Tugas KLA, Fasilitator KLA, dan stakeholder terkait.

Zulkarnaen dalam rapat mengemukakan, Wali Kota Parepare memiliki komitmen sangat tinggi dalam mewujudkan Kota Layak Anak, karena itu jajaran Pemkot Parepare harus optimalkan dan memberikan dukungan penuh.

“Kita harus berkolaborasi, semua SKPD wajib mendukung Kota Layak Anak. Saat ini Ketua Gugus Tugas KLA yaitu Sekda. Itu karena pentingnya KLA sehingga ditingkatkan fungsinya harus diketuai oleh Sekda agar mudah mengkoordinir SKPD-SKPD,” kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen menekankan, program KLA menuntut sinergitas pada semua pemangku
kepentingan dengan prinsip kepentingan terbaik untuk anak. Karena itu, upaya peningkatan kualitas harus terus menerus
dilakukan oleh semua pihak sehingga Kota Layak Anak tidak hanya sebatas simbol atau slogan tetapi tetap menekankan pada implementasi dalam rangka menyiapkan anak-anak sebagai generasi sehat, cerdas, dan berakhlak melalui perlindungan dan pemenuhan hak anak.

“Pemahaman yang merata sangat diharapkan dalam pencapaian tujuan pemenuhan hak anak dan evaluasi secara terus menerus, guna peningkatan kualitas. Oleh karena itu peran serta yang aktif dari Gugus Tugas Kota
Layak Anak Kota Parepare sangat diharapkan,” harap Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengungkapkan, Parepare yang sudah 3 tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan KLA Kategori Nindya dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, merupakan bukti kerja sama sinergitas seluruh komponen di Parepare.

Jumadi juga menekankan pentingnya sinergitas dalam upaya memujudkan Kota Layak Anak.

Tim Gugus Tugas KLA berisikan semua unsur yang saling bersinergi. Masing-masing beranggotakan Perangkat Daerah yang terdiri dari 5 klaster, Klaster 1 Hak Sipil dan Kebebasan, Klaster 2 Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Klaster 3 Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Klaster 4 Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan
Kegiatan Budaya, dan Klaster 5 Perlindungan
Khusus.

“Sinergitas dalam pelaksanaan 5 kluster ini penting. Juga dokumen pendukung perlu perhatikan. Perlu juga strategi. Dan perhatian kelembagaan, Kelurahan dan Desa Layak Anak, masyarakat, media massa, dunia usaha, dan perwakilan anak,”¬†ingat¬†Jumadi.