Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulsel, Parepare Optimis Raih Wistara Kelima

Komentar Dinonaktifkan pada Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulsel, Parepare Optimis Raih Wistara Kelima

PAREPARE — Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan turun melakukan verifikasi di Kota Parepare, Senin, 21 November 2022.

Tim disambut Pemerintah Kota Parepare yakni Asisten I Setdako, Hj Amina Amin atas nama Wali Kota Parepare bersama Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Tim Teknis Kota Sehat Parepare, Forum Kota Sehat Parepare di Sekretariat Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Bappeda Parepare.

Di hadapan tim, Amina mengatakan bahwa Parepare siap diverifikasi. Tim Kota Sehat Parepare telah melakukan persiapan sesuai tatanan yang akan diverifikasi. Amina pun mengharapkan masukan dan arahan dari Tim Verifikasi Kota Sehat Sulsel.

“Insya Allah Kota Parepare telah memenuhi apa yang menjadi persyaratan dalam meraih Wistara untuk kelima kalinya. Capaian indikator pokok sudah mencapai minimal 91 persen,” ungkap Amina.

Ketua Tim Verifikasi Kota Sehat Sulsel, H Lukman Sanusi mengungkapkan, bahwa penilaian verifikasi Kota Sehat untuk 2023 termasuk cukup berat karena skoring yang dipersyaratkan minimal 91 persen.

Kenaikan skoring tersebut, ungkap Lukman mengakibatkan sejumlah Kabupaten/Kota tidak dapat meraih Wistara.

“Jadi jika Kota Parepare ingin meraih Wistara ke lima, harus betul betul melaksanakan apa yang menjadi pertanyaan di indikator, harus sesuai buktinya,” ingat Lukman.

“Selain itu, pada masing masing indikator tatanan, tolong diperhatikan betul harus ada kaitannya rencana kerja dengan indikator tatanan,” pesan Lukman.

Namun, Lukman meyakini bahwa Parepare mampu mempersiapkan dengan baik semua indikator penilaian dan nantinya dapat meraih Wistara yang kelima kalinya berturut-turut. Sembari Lukman mengungkapkan bahwa akan diterbitkan Peraturan Presiden terkait pemberian reward bagi Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia.

“Saya yakin Tim Kota Sehat Kota Parepare telah melewati ujian seperti itu dan nantinya dapat kembali meraih Wistara,” tegas Lukman. (*)