Branding Kota Cinta, LAN RI Support Parepare Jadikan BJ Habibie Inspirasi Inovasi dan Pembangunan

Komentar Dinonaktifkan pada Branding Kota Cinta, LAN RI Support Parepare Jadikan BJ Habibie Inspirasi Inovasi dan Pembangunan

PAREPARE — Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI memaknai Parepare sebagai Kota Cinta yang menginspirasikan sosok BJ Habibie, Presiden ke-3 RI, dalam berinovasi dan pembangunan. Gagasan itu datang dari Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe

Hal ini diungkap Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Dr Tri Widodo Wahyu Utomo dalam kegiatan Penguatan Inovasi Daerah yang digelar secara virtual oleh Pemkot Parepare melalui Bappeda, Selasa, 10 November 2020.

Saking mendukungnya branding Kota Cinta itu, Dr Tri Widodo dalam materinya mengambil judul “Menyemai dan Merawat Inovasi di Kota Cinta”.

Bukan tanpa alasan, pemilihan frasa ‘Kota Cinta’ sebagai brand yang disematkan untuk kota yang dinakhodai putra daerah peraih 173 penghargaan ini lantaran hadirnya sejumlah ikon kota yang bernafaskan cinta, seperti Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun.

“Mengapa judul materi saya seperti ini? karena saya sangat mendukung Parepare dan Parepare sangat beruntung memiliki legasi Presiden RI dan menjadikan Bapak BJ Habibie sebagai branding yang tidak dimiliki oleh kota lainnya. Branding apa didorong dari ide dan inovasi yang telah dilakukan Parepare, adalah kota cinta,” ungkap Tri Widodo.

Seperti yang diulas Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, Kota Cinta bukan persoalan muda mudi atau antara laki-laki dan perempuan tetapi cinta secara menyeluruh. Misalnya antara manusia dan seluruh alam semesta.

“Ini akan menjadi kekuatan bagi Parepare, dan cinta sebagai bahan baku yang akan menjadikan kota ini semakin masuk ke hati bagi pengunjung sehingga visi dan misi Bapak Wali Kota menjadikan Parepare sebagai Kota Industri Tanpa Cerobong Asap dapat terwujud,” harapnya.

Brand ‘Kota Cinta’ ini merupakan buah pemikiran Wali Kota Taufan Pawe sejak periode pertama dengan menghadirkan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun yang terletak di alun-alun kota.

Bahkan Taufan Pawe kini mencanangkan hadirnya landmark berupa simbol cinta di Kota Parepare.

“Saya ingin ketika orang masuk ke kota kita, mereka akan sadar kalau sudah berada di Parepare. Kita akan hadirkan tempat berselfie dengan simbol cinta di Kota Cinta BJ Habibie Ainun,” kata Taufan Pawe. (*)