Sistem E-Peduli Musrenbang Resmi Diterapkan

Komentar Dinonaktifkan pada Sistem E-Peduli Musrenbang Resmi Diterapkan

taufan-pawe

Parepare- Langkah maju dalam proses musyawarah perencanaan pembangunan daerah berhasil ditelurkan Bappeda Kota Parepare, awal tahun ini telah menerapkan sistem elektronik dalam membahas musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).
Kepala Bappeda Kota Parepare, Zahrial Djafar menjelaskan sistem tersebut mampu memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Parepare yang tidak sempat hadir dalam acara musrenbang dapat berpartisipasi dalam pengusulan rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang secara online.
Sistem ini juga memungkinkan masyarakat Kota Parepare yang berdomisi diluar kota dapat berkontribusi menyampaikan usulan, harapan dan kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan kegiatan pembangunan di Kota Parepare.
Sistem yang diberi nama Elektronik Peduli Musrenbang ini pada hari Selasa 26 januari resmi diluncurkan Walikota Parepare, Dr. HM. Taufan Pawe, SH, MH. Sistem ini dapat diakses melalui website Bappeda Kota Parepare, www.bappeda-pareparekota.com.
“E-Peduli Musrenbang adalah suatu sistem atau sarana yang memberikan layanan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Musrenbang tanpa harus hadir secara langsung di forum musyawarah rencana pembangunan daerah (musrenbang)” kata Zahrial Djafar di sela-sela acara.
“Parepare merupakan daerah pertama di Sul-Sel yang menerapkan sistem elektronik Peduli Musrenbang. Cara ini diharapkan meningkatkan perlibatan atau partisipasi masyarakat dalam kegiatan perencanaan pembangunan daerah, sehinggga melahirkan dokumen perencanaan pembangunan yang lebih berkualitas” lanjut Zahrial Djafar.
Masyarakat Parepare baik yang berdomisili didalam maupun diluar wilayah Parepare dari segala lapisan usia mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa dapat berpartisipasi dalam kegiatan musrenbang seluas-luasnya tanpa harus secara fisik hadir di acara Musrenbang” tutup Zahrial.
Peluncuran sistem E-Peduli Musrenbang ini dirangkaikan dengan pembukaan kegiatan Musrenbang tingkat Kelurahan. Hadir pimpinan SKPD lingkup Kota Parepare, termasuk Camat, Lurah, para ketua LPMK, para Faskel dari 22 Kelurahan serta masyarakat Kota Parepare.
Walikota Parepare meminta agar sistem Elektronik Peduli Musrenbang yang dikembangkan Bappeda Parepare, dimaksimalkan keberadaannya oleh masyarakat. Beliau menjelaskan seluruh usulan yang disampaikan melalui Musrenbang akan dicermati oleh Pemerintah Kota. Namun, tegas beliau, usulan-usulan tersebut dalam perjalanannya bisa jadi tidak terimplementasi secara 100 persen.
Ini terjadi karena ada pertimbangan-pertimbangan skala prioritas yang sifatnya mendesak yang mesti didahulukan oleh Pemerintah Kota. Pada kesempatan ini Walikota Parepare juga kembali menegaskan komitmen Pemerintah untuk menuntaskan persoalan ketersediaan air bersih paling lambat akhir Desember 2017.
Begitu pula program prioritas lainnya, termasuk TV Kabel akan diupayakan selesai sebelum akhir 2017. “Soal TV Kabel persoalannya tinggal masalah regulasi. Uangnya ada di APBD, bahkan tahun ini nilainya kita tingkatkan”, ungkap Walikota Parepare soal program TV Kabel gratis yang saat ini tengah dicarikan jalan keluarnya oleh Pemerintah Kota Parepare. Ia mengingatakan Bappeda agar tidak lupa memasukkan program terkait dengan pembinaan keagamaan dalam kegiatan Tahun 2017 nanti.
Bahkan, Walikota menginginkan agar program keagamaan menjadi roh dan payung besar dari seluruh kegiatan pembangunan di Kota Parepare. “Kegiatan-kegiatan keagamaan harus masuk. Ini penting karena dalam berbagai kesempatan saya tegaskan bahwa membangun fisik itu tidak susah, yang sulit itu membangun manusianya. Itu yang susah”, ungkapnya. (Adm/).