Serapan Pembangunan Triwulan II Capai 37 Persen

Komentar Dinonaktifkan pada Serapan Pembangunan Triwulan II Capai 37 Persen

PAREPARE – Serapan anggaran pembangunan triwulan II Pemerintah Kota Parepare berhasil mencapai 35 persen dari total anggaran APBD Kota Parepare  tahun 2015 sekitar Rp.650 miliar lebih. Kepala Bappeda, Zahrial Djafar, mengatakan, untuk belanja langsung yakni sebesar Rp.387 miliar lebih,  berhasil terealisasi 43, 51. Meski menggembirakan, capaian ini diakui Zahrial menurun 0.69 persen dibanding tahun 2014.

Ini disampaikan Zahrial, pada acara rapat monitoring dan evaluasi pembangunan triwulan II tahun 2015, di Barugae, Kompleks Rujab Wali Kota Parepare, Selasa, 18 Agustus.

Adapun belanja langsung, hingga triwulan kedua, kata Zahrial, berhasil tercapai 31.23 persen. “Dengan demikian realiasi anggaran hingga tanggal 14 Agustus 2015 adalah Rp.263 miliar lebih atau 37 persen,” katanya.

Acara ini dihadiri Wali Kota Parepare, DR HM Taufan Pawe. Jalannya pertemuan dipandu Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara. Hadir pimpinan SKPD, staf ahli, kepala bagian serta camat.

Zahrial juga menjelaskan, capaian pelaksanaan proyek fisik yang jumlahnya disebutkan mencapai 109 kegiatan. Kata dia, hingga Agustus kegiatan yang telah ditender baru 15 kegiatan.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, meminta SKPD yang capaian serapan anggarannya masih minim, seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk meningkatkan kinerja mereka.

“Satpol PP, saya pantau terus, baru 21 persen. Saya minta Sekda turun tangan, sebab disinyalir ada yang tidak beres. Saya dapatkan informasi, disana banyak yang mundur sebagai PPK (Pejabat  Pembuat Komitmen (PPK),” katanya.

Permintaan yang sama juga disampaikan Taufan kepada Badan Pemberdayaan Kelurahan dan Masyarakat. “Saya minta serapan anggarannya ditingkatkan karena ini bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Dinas lain yang tergolong rendah adalah Dinas Kesehatan yang baru mencapai 28 persen. Selebihnya, rata-rata telah berhasil mencapai angka serapan sebagaimana diharapkan, yakni mendekati 50 persen.