Rapat Persiapan Penyelenggaraan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare TA 2016

Komentar Dinonaktifkan pada Rapat Persiapan Penyelenggaraan Lomba Inovasi Daerah Kota Parepare TA 2016

sistem-inovasi-daerah

Parepare – Inovasi merupakan faktor penting dalam mendukung perkembangan ekonomi dan daya saing daerah. Terjadinya pergeseran ekonomi berbasis industri menuju ekonomi berbasis pengetahuan menunjukkan bahwa pengetahuan dan inovasi merupakan faktor yang semakin menentukan dalam kemajuan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Kota Parepare selama 3 tahun terakhir mengalami fluktuasi. Pada tahun 2011 perekonomian tumbuh 8.42% menguat menjadi 8,80% pada tahun 2012. Pada tahun 2013 mengalami penurunan menjadi 7,97% dan 6.33% pada tahun 2014 serta 6,28% pada tahun 2015. Oleh karena itu Walikota Parepare DR. H.M. Taufan Pawe, SH, MH mencanangkan tahun 2016 sebagai TAHUN INOVASI.

Rapat persiapan penyelenggaraan lomba inovasi daerah yang laksanakan di Ruang Rapat kantor Bappeda Kota Parepare dibuka langsung oleh Kepala Bappeda Ir. H. Zahrial Djafar B, MM dan didampingi oleh Kabid. Penelitian dan Pengembangan Bappeda Hj. ST. Rahmah Amir, ST, MM, Rabu, 14 September 2016 pukul 13.00 wita. Dalam pertemuan ini turut dihadiri Seluruh SKPD, Camat, Lurah, Panitia Pelaksana serta Tim penilai lomba inovasi TA. 2016.

Dalam sambutannya Kepala Bappeda Zahrial Djafar mengatakan “berdasarkan Peraturan bersama Menteri Negara Riset dan Teknologi dan Menteri Dalam Negeri No. 03 Tahun 2012 dan No. 36 Tahun 2012 tentang Penguatan Sistem Inovasi daerah serta menindaklanjuti pencanangan Walikota Parepare di tahun 2016 sebagai Tahun Inovasi, sehingga diharapkan dapat menjadi sugesti yang baik bagi SKPD dalam upaya menemukan dan menggagas inovasi-inovasi baru untuk peningkatan pelayanan masyarakat di Kota Parepare” ucap beliau.

“Inovasi Daerah merupakan ajang pertukaran ide-ide bagi setiap SKPD, menggagas produk unggulan yang potensial untuk dikembangkan dalam suatu wilayah dengan memanfaatkan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia setempat, serta mendatangkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah. Produk unggulan harus merupakan produk yang memiliki daya saing, berorientasi pasar dan ramah lingkungan, sehingga tercipta keunggulan kompetitif yang siap menghadapi persaingan global. Penetapan produk unggulan daerah dalam Inovasi Daerah diperlukan untuk dapat memberikan fokus dan prioritas yang jelas dalam pelaksanaan kegiatan dan pengembangan Inovasi Daerah” imbuh beliau.

Dalam rapat tersebut Kabid Data dan Publikasi Balitbangda Provinsi Sulawesi Selatan Ir. Rajendra memaparkan pedomanan penyusunan Roadmap pelaksanaan sistem inovasi lingkup SKPD se-Kota Parepare. Dalam pemaparan beliau mengungkapkan “pelaksanaan sistem inovasi memiliki 5 pilar yang harus dicapai yakni Penguatan Sistem Inovasi, Penguatan Klaster Industri, Penguatan Jaringan Inovasi, Penguatan Teknoprener, dan Pengembangan Tematik” ucapnya. (Adm).