Perda RZWP3K, Pintu Parepare Wujudkan Anjungan Cempae dan Mattirotasi Waterpark

Komentar Dinonaktifkan pada Perda RZWP3K, Pintu Parepare Wujudkan Anjungan Cempae dan Mattirotasi Waterpark

PAREPARE — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare bersama Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Parepare mengkaji sinergitas perencanaan dan pengembangan wilayah terkait dengan ditetapkannya Perda nomor 2 tahun 2019 tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Provinsi Sulsel tahun 2019-2039.

Perda ini disingkat RZWP3K. Perda ini mengharuskan Parepare untuk menyesuaikan dengan rencana pengembangan kota di wilayah pesisir.

Itu karena Parepare punya kepentingan terkait program unggulan wali kota yakni pembangunan Anjungan Cempae dan Mattirotasi Waterpark.

Perda RZWP3K ini menjadi bahasan serius TKPRD dalam rapat di Bappeda Parepare, Kamis, 13 Juni 2019.

Selain Anggota TKPRD, ikut dalam rapat unsur kelurahan dan kecamatan yang masuk wilayah pesisir.

Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Bappeda Parepare, Zulkarnaen mengatakan, hadirnya Perda RZWP3K menjadi bahan pertimbangan dalam pelaksanaan program-program RPJMD Parepare dan salah satu dasar pemberian izin lokasi dalam melakukan penempatan ruang dan sebagian perairan.

“Untuk Kota Parepare dalam Perda RZWP3K dikategorikan masuk zona pariwisata, zona pelabuhan, serta zona jasa perdagangan,” terang Zulkarnaen.

TKPRD, kata Zulkarnaen, yang terdiri dari instansi teknis terkait di antaranya Bappeda, Dinas PUPR, Disporapar, Dinas PKP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan bertugas untuk mengkaji lebih dalam Perda itu sesuai dengan Tupoksi masing-masing.

“Intinya tugas TKPRD adalah mengawal dan mensinergikan program Pemkot Parepare dengan Perda RZWP3K,” lanjut Zulkarnaen.

Zulkarnaen menekankan, khusus Dishub diharapkan mengkaji lebih dalam informasi terakhir zona Daerah Lingkungan Kerja (DLKr) dan Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp).

“Hadirnya Perda RZWP3K adalah jalan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita yakni program unggulan wali kota dan wakil wali kota hadirnya Anjungan Cempae dan Mattirotasi Waterpark,” tandas Zulkarnaen. (*)