Parepare Sinergi Pemprov Sulsel, Support RKPD 2020

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Sinergi Pemprov Sulsel, Support RKPD 2020

MAKASSAR — Pemkot Parepare siap menjadi terdepan bersinergi dan mengawal program Pemprov Sulsel.

Penekanan ini diungkap Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen usai menghadiri Musrenbang Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 di Hotel Claro, Makassar, Kamis, 11 April 2019.

Selain siap bersinergi, Pemkot Parepare, kata Zulkarnaen, siap mensupport Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sulsel 2020.

“Jadi Musrenbang ini dilaksanakan dalam rangka menyusun RKPD Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 yang telah diawali dengan pelaksanaan Musrenbang kabupaten/kota mulai 8-31 Maret 2019, serta Rakortekda/Pramusrenbang provinsi yang dilaksanakan 9-10 April 2019,” terang Zulkarnaen.

Tema Musrenbang Sulsel adalah Peningkatan Kualitas SDM untuk Pertumbuhan Sulawesi Selatan yang Inklusif.

Tujuan Musrenbang, kata Zulkarnaen, menyelaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah provinsi dengan arah kebijakan, sasaran dan prioritas pembangunan nasional, serta usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang kabupaten/kota.

Serta mempertajam indikator dan target kinerja program dan kegiatan pembangunan provinsi.

Termasuk dalam Musrenbang ini, hasil Musrenbang Anak Parepare diapresiasi. Karena tidak semua daerah di Sulsel melaksanakan Musrenbang Anak.

Bahkan dalam Musrenbang ini, Parepare mendapatkan penghargaan pemerintah kota terbaik dalam konsistensi dan kedalaman materi RKPD 2019.

Penghargaan diserahkan Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah kepada Wali Kota Parepare yang diwakili Sekda Kota Parepare H Iwan Asaad.

Musrenbang juga spesial karena dihadiri oleh beberapa menteri di antaranya Menteri Pertanian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas.

Juga hadir Anggota DPR RI dan DPD RI, Forkopimda Sulsel, bupati dan wali kota, ketua dan anggota DPRD Sulsel,
para kepala SKPD Sulsel, para kepala Bappeda se-Sulsel, instansi vertikal Sulsel, pimpinan lembaga/perguruan tinggi, serta para stakeholder.

Selain penyerahan penghargaan, Musrenbang juga dirangkai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemprov Sulsel dengan Pemda tentang rendah karbon. (*)