Menuju Kota Sehat Ketiga Kali, Parepare Diverifikasi Provinsi

Komentar Dinonaktifkan pada Menuju Kota Sehat Ketiga Kali, Parepare Diverifikasi Provinsi

PAREPARE — Tim verifikasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, turun melakukan penilaian di Parepare.

Tim diterima resmi Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di ruang kerja wali kota, Senin, 28 Januari 2019.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, wali kota di hadapan tim verifikasi menginginkan Parepare tidak hanya meraih predikat Kota Sehat tapi juga Kota Cerdas.

“Menuju kota sehat dan cerdas itu, Pemerintah Kota Parepare sudah menggiatkan program Jumat Peduli dan Germas, yang terlaksana secara rutin,” kata Hamka, sapaannya.

Hamka mengungkapkan, dua tahun berturut-turut, Parepare berhasil meraih predikat tertinggi Kota Sehat yakni Swasti Saba Wistara atau kelas pengembangan.

Verifikasi ini adalah menuju predikat Kota Sehat untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Dalam kiprah penyelenggaraan Kota Sehat yang resmi digelar tahun 2005 lalu secara nasional, Parepare tercatat sudah lima kali meraih penghargaan Kota Sehat.

Setelah diterima resmi oleh wali kota, tim verifikasi kemudian menggelar pertemuan teknis dengan SKPD dan stakeholder terkait di Bappeda Parepare.

Kasubid Pemerintahan dan Aparatur Bidang SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Nirmalasari Haya mengatakan, verifikasi tingkat provinsi ini berlangsung dua hari, 28-29 Januari 2019.

“Jadi ada dua fokus kami yakni pembenahan lokus yang akan dikunjungi tim verifikasi provinsi dan penyempurnaan penyusunan dokumen untuk diverifikasi,” terang Nirmalasari.

Targetnya kata Nirmalasari, adalah berusaha meraih Kota Sehat, Swasti Saba Wistara, penghargaan tertinggi Kota Sehat untuk yang ketiga kalinya. “Penilaiannya setiap dua tahun di tahun ganjil, nah sekarang tahun 2019,” lanjut Nirmalasari. (*)