Jelang Verifikasi Nasional, Parepare Optimis Pertahankan Kota Sehat Ketiga Kali

Komentar Dinonaktifkan pada Jelang Verifikasi Nasional, Parepare Optimis Pertahankan Kota Sehat Ketiga Kali

 

JAKARTA — Kota Parepare segera diverifikasi oleh tim verifikasi Kota Sehat tingkat nasional.

Itu setelah Parepare menyerahkan dokumen Kota Sehat kepada Kementerian Kesehatan RI di Jakarta,  Selasa, 26 Maret 2019.

Saat bersamaan Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kesehatan Sulsel juga menyerahkan dokumen Provinsi Sehat kepada Kemenkes.

Kasubid Pemerintahan dan Aparatur Bidang SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Nirmalasari Haya yang berada di Jakarta mengikuti penyerahan dokumen Kota Sehat, mengatakan syarat verifikasi Provinsi Sehat juga harus mengikutkan kabupaten/kota sehat.

“Jadi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel yang memimpin penyerahan dokumen provinsi sehat, dan kabupaten/kota sehat 24 daerah di Sulsel,” kata Nirmalasari.

Dia mengaku optimis, Parepare mampu mempertahankan predikat Kota Sehat tertinggi yakni Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Sebelumnya Parepare sudah meraih Swasti Saba Wistara pada 2015, 2017, dan kini 2019 terbuka lebar. “Penilaian kota sehat itu setiap dua tahun di tahun ganjil,” ujar Nirmalasari.

Sejalan dengan Parepare, Provinsi Sulsel pun berpeluang mempertahankan predikat Provinsi Sehat terbaik untuk ketiga kalinya berturut-turut.

“Tahapan setelah penyerahan dokumen Kota Sehat dan Provinsi Sehat ini, Kemenkes melakukan assesment untuk menilai kelayakan dokumen. Setelah itu tim Kemenkes turun melakukan verifikasi lapangan ke daerah. Jadi Parepare juga sudah siap untuk verifikasi lapangan,” ungkap Nirmalasari yang merupakan Anggota Tim Pembina Kota Sehat Parepare.

Nirmalasari menekankan, Pemerintah Kota Parepare tidak sekadar bertekad mempertahankan Swasti Saba Wistara tetapi juga berkomitmen penuh mewujudkan Kota Sehat, kehidupan sehat, dan masyarakat sehat di Kota Parepare.

Kabag Humas dan Protokol Pemkot Parepare, Amarun Agung Hamka, Rabu, 27 Maret 2019, mengatakan, wali kota dalam beberapa kesempatan menekankan, Parepare tidak sekadar menjadi Kota Sehat tapi juga Kota Cerdas.

“Menuju Kota Sehat dan Cerdas itu, Pemerintah Kota Parepare sudah menggiatkan sejumlah program di antaranya Jumat Peduli dan Germas, yang terlaksana secara rutin,” kata Hamka, sapaannya. (*)