Ini Rahasia Sukses Bappeda Kelola Pemerintahan Baik

Komentar Dinonaktifkan pada Ini Rahasia Sukses Bappeda Kelola Pemerintahan Baik

PAREPARE — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare mengajak seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SPKD) lingkup Pemerintah Kota Parepare memahami strategi mengelola pemerintahan yang baik. Rahasianya yaitu dengan melakukan penajaman indikator kinerja.

Dalam rapat pembahasan pengarusutamaan tata kelola pemerintahan yang baik beberapa waktu lalu, Sekretaria Bappeda, EW. Ariyadi, ST, MT mengungkapkan, penajaman indikator merupakan bahan evaluasi Bappenas untuk mengukur keberhasilan pengarusutamaan tata kelola Pemerintahan yang baik di daerah.

Hasil evaluasi awal Bappenas menunjukkan pengukuran capaian indikator yang berlangsung selama ini masih bersifat makro karena diukur berdasarkan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang berlaku lima tahun (2016-2019).

Dinilai kurang maksimal, pengukuran indikator kemudian dilakukan secara tahunan untuk mempertajam capaian target yang dirumuskan.
“Penajaman ini juga diharapkan dapat menginisiasi dan mendorong kinerja SKPD,” tambahnya.

Secara umum, menurut Ariyadi, penajaman indikator bertujuan untuk mempertajam target indikator tahunan mulai dari tahun 2016 s/d 2019. Membantu Pemerintah daerah mendefinisikan target capaian kinerja pelaksanaan pengarusutamaan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kemudian membantu daerah menentukan strategi pencapaian target tahunan selama lima tahun ke depan, membantu monitoring dan evaluasi target berdasarkan indikator kinerja pelaksanaan kebijakan pengarusutamaan tata kelola pemerintahan yang baik serta mengetahui mengetahui baseline capaian pelaksanaan target kinerja pelaksanaan pengarusutamaan tata kelola pemerintahan yang baik di daerah

“Ada empat aspek kebijakan yang dipertajam yaitu peningkatan keterbukaan dan informasi publik, peningkatan partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan, peningkatan kapasitas birokrasi melalui reformasi birokrasi serta peningkatan kualitas pelayanan publik,” paparnya. ( )