Delegasi Musrenbang Anak Parepare Minta Didengar dan Aspirasi Direalisasikan

Komentar Dinonaktifkan pada Delegasi Musrenbang Anak Parepare Minta Didengar dan Aspirasi Direalisasikan

PAREPARE — Anak Parepare ikut bersuara dalam Musrenbang RKPD tahun 2020 tingkat Kota Parepare di ruang pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 27 Maret 2019.

Di antaranya yang disuarakan agar aspirasi mereka didengar dan direalisasikan.

Hal ini ditegaskan Wakil Ketua I Forum Anak Nasional, Muhammad Fajhriyadi Hastira, yang merupakan salah satu utusan Musrenbang Anak Parepare yang ikut dalam Musrenbang Kota.

“Jangan hanya menjadi simbolis untuk sebuah pengakuan kota layak anak, tapi bagaimana realisasi aspirasi kami.  Supaya kami bisa rasakan dan beri manfaat kepada masyarakat luas,” imbuh Fajhriyadi.

Menurut dia, ada banyak aspirasi anak yang belum terakomodir sejak Musrenbang Anak Parepare tahun 2018.

Bahkan dia membeberkan, dari 20 usulan di Musrenbang Anak tahun 2018, hanya dua yang terakomodir.

“Kami belum melihat ada taman bermain ramah anak dan ramah disabilitas di Parepare. Hal-hal seperti itu yang kami minta diakomodir,” harap putra Parepare yang berprestasi nasional ini.

Beberapa anak yang hadir di Musrenbang Kota ini adalah delegasi Musrenbang Anak Parepare yang berasal dari beberapa sekolah di Parepare.

Sekretaris Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi dalam Musrenbang RKPD meminta SKPD memberi perhatian serius terhadap aspirasi anak.

“Perlu ada ruang komunikasi anak dengan SKPD teknis terkait khususnya untuk mengkomunikasikan aspirasi mereka,” pinta Eko.

Permintaan Eko disanggupi perwakilan setiap SKPD yang hadir dengan menjadwalkan pertemuan dengan Forum Anak Parepare, untuk mendengar dan mengkomunikasikan aspirasi mereka.

Baru beberapa daerah di Sulsel yang menggelar Musrenbang Anak, termasuk Parepare.

Bahkan Parepare sudah berjalan tiga tahun, dan pada tahun ini sudah mulai dari Musrenbang Anak Kecamatan. (*)