Atasi Kelangkaan Air, Taufan akan Bangun 20 Titik Sumur Dalam, di Acara Forum SKPD Musrenbang 2015

Komentar Dinonaktifkan pada Atasi Kelangkaan Air, Taufan akan Bangun 20 Titik Sumur Dalam, di Acara Forum SKPD Musrenbang 2015

PAREPARE – Persoalan ketercukupan air bersih bagi warga Parepare terus menjadi perhatian Wali Kota Parepare, DR HM Taufan Pawe. Taufan berencana membangun 20 titik sumur dalam, guna membantu ketersediaan air baku PDAM, yang pada kondisi normal butuh 240 liter per detik.

Berbicara di acara Forum SKPD yang digelar di Barugae, Kompleks Rujab Wali Kota Parepare, Rabu, 26 Februari,  Taufan mengatakan, anggaran bagi kegiatan penggalian sumur dalam tersebut, telah masuk dalam APBD Kota Parepare tahun 2015.

“Tahun ini kita anggarkan Rp8 miliar untuk penggalian delapan titik sumur dalam. Setiap sumur kita estimasikan mampu  menyuplai liter kubik per detik, sehingga bila 20 titik berhasil kita dapatkan air  bagus, maka bisa dihasilkan 400 liter kubik per detik,” katanya.

Kata Taufan mengatakan, persoalan air bersih merupakan salah satu prioritas pemerintahannya.  Ia berharapa, di akhir tahujn 2017 mendatang, persoalan air bersih ini  tak lagi menjadi masalah bagi masyarakat Parepare.

Acara Forum SKPD tersebut, dihadiri Sekretaris Daerah Kota Parepare, Mustafa Mappangara, anggota DPRD Kota Parepare, pimpinan SKPD, Camat Lurah serta delegasi kecamatan dan kelurahan dari 22 kelurahan  di Kota Parepare.

Pada kesempatan ini, Taufan mengingatkan agar kegiatan forum SKPD kali ini menghasilkan sebuah rumusan dan konsep yang jelas bagi pelaksanaan perencanaan kegiatan pembangunan tahun 2016 mendatang.

Sebelumnya, tahun 2014 lalu, Taufan menganggarkan Rp6,7 miliar untuk masalah air bersih. Anggaran tersebut, digunakan untuk penggalian dua sumur dalam  di daerah Korem dan Sungai Jawi-Jawi, serta peningkatan kapasitas infrastruktur PDAM lainnya.