Kota Parepare Layak Sandang Kota Sehat

Komentar Dinonaktifkan pada Kota Parepare Layak Sandang Kota Sehat

PAREPARE – Peluang Kota Parepare menyandang predikat kota sehat tahun ini terbuka lebar. Ini setelah Tim Penilai Kota Sehat  Provinsi Sulawesi Selatan,  Yunus Palamba, menempatkan Parepare sebagai salah satu kota yang paling layak diusulkan mewakili Sulawesi Sekatan penerima penghargaan tertinggi bidang kesehatan itu.

Ditemui di Kantor Bappeda Kota Parepare, Selasa, 10 Februari, Yunus Palamba, mengatakan, secara umum  seluruh indicator  Kota Sehat telah dipenuhi Kota Parepare.  Bahkan, kata dia, untuk indikator kelembagaan, Parepare dinilai paling siap mengikuti kegiatan lomba Kota Sehat.

“Kami sudah melakukan penilaian, dan secara umum Kota Parepare layak mendapatkan penghargaan Kota Sehat. Utamanya untuk indikator kelembagaan,  saya liat sudah bagus,” kata Yunus, ditemui usai melakukan penilaian dokumen di Kantor Bappeda Parepare.

Madina, anggota tim penilai Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan  lainnya, mengungkap, hasil penilaian yang dilakukan pihaknya, nantinya akan dikomparasi dengan hasil penilaian dari kabupaten kota lain di Sulsel.

Kegiatan yang akan dilakukan akhir Februari  itu, akan  menjadi penentu peluang setiap daerah dalam penilaian tingkat nasional yang akan dilakukan awal Juni mendatang.

Soal  peluang Kota Parepare, sama Yunus, Madina mengatakan, peluang Kota Parepare sangat besar. “Kelembagaan forum Kota Sehat di daerah ini sangat bagus. Yang perlu diperbaiki sekarang tinggal dukungan dokumen setiap kegiatan,” katanya.

Selama di Parepare, guna mendapatkan data-data factual, Tim Penilai Kota Sehat  Provinsi Sulawesi Selatan juga melakukan penilaian dan verifikasi indikator di lapangan. Dengan demikian, data dokumen yang didapatkan bisa lebih meyakinkan.

Anggota Forum Kota Sehat Parepare, Hj Kasmawati, mengatakan, kelembagaan Kota Sehat Parepare tak hanya dibentuk di tingkat kota, namun juga di kecamatan dan kelurahan.  Ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan dan implementasi program hingga ke tingkat RT RW.

Menurut Kasmawati, ada beberapa parameter yang menjadi dasar penilaian dalam menentukan sebuah kota/daerah layak atau tidak disebut sebagai kota sehat. Salah satunya adalah kawasan pemukiman, sarana umum, transportasi, perkantoran (gedung), pariwisata, hutan kota, ketahanan pangan dan gizi, serta kehidupan sosial yang sehat.

Seluruh indicator dimaksud, kata dia, pada dasarnya telah dapat dipenuhi  oleh Kota Parepare. Ia berharap, tahun ini Kota Parepare mampu keluar sebagai salah satu daerah di Indonesia yang mendapatkan penghargaan Kota Sehat.