Musrenbang Tingkat Kelurahan, Taufan Gelontorkan Dana 11 M Untuk 22 Kelurahan

Komentar Dinonaktifkan pada Musrenbang Tingkat Kelurahan, Taufan Gelontorkan Dana 11 M Untuk 22 Kelurahan

PAREPARE –  Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe kembali melakukan terobosan penting di bidang pembangunan. Taufan menggelontorkan bantuan dana Rp.11 miliar untuk seluruh kelurahan di Kota Parepare. Anggaran ini telah tersedia dalam APBD Kota Parepare Tahun 2015. Kepala Bappeda Kota Parepare, Zahrial Djafar, menjelaskan, anggaran tersebut akan dikucurkan melalui program pagu indikatif wilayah di 22 kelurahan di Kota Parepare.

Bantuan yang terima setiap kelurahan, kata Zahrial, bervariasi antara Rp.480 juta hingga Rp.530 juta. Penegasan ini disampaikan Zahrial dalam acara pembukaan Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Kecamatan tahun 2015, di Lapangan Upacara Kota, Rabu, 21 Januari.

Musrembang ini dihadiri Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, Dua Unsur Wakil Ketua DPRD Kota Parepare, Rahmat Sjamsu Alam dan Firdaus Jolong dan sejumlah anggota DPRD, pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare serta tokoh masyarakat Parepare.

Zahrial merinci, untuk Kecamatan Bacukiki akan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp2.040.800.315. Selanjutnya, Kecamatan Bacukiki Barat Rp2.898.897.930, Kecamatan Ujung Rp2.658.867.324 serta Kecamatan Soreang sebesar  Rp3.401.434.430. Penggunaan dan pemanfaatan dana-dana tersebut, kata Zahrial, sepenuhnya diserahkan kepada warga. “Ini adalah komitmen Wali Kota Parepare. Dengan anggaran ini, masyarakat diberikan ruang yang sangat signifikan untuk menentukan sendiri kebutuhan prioritasnya, “katanya.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, berharap, anggaran ini dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat Parepare untuk  membuat kegiatan, sesuai kebutuhan dan tuntutan persoalan yang mereka hadapi.

Kini masyarakat Parepare kata Taufan, dapat membuat program kegiatan sendiri sekaligus mengawal program usulan mereka hingga di DPRD Kota Parepare. “Sudah ada jaminannya, yakni Perda Nomor 1 Tahun 2010  tentang Penganggaran Berbasis Masyarakat,” katanya.

Pada kesempatan ini, Taufan meminta agar pelaksanaan Musrembang Kota Parepare tahun ini berlangsung sukses.Taufan menegaskan, dirinya tak ingin Musrembang hanya bersifat seremonial tanpa memberikan dampak pada peningjkatan kesejahteraan warga Parepare.
“Bila sekarang terkesan formal, itu karena ini acara pembukaan. Namun setelah ini, saya ingin pelaksanannya harus cair, masyarakat harus berani menyampaikan usulan mereka, dan mengawal yang telah diusulkan,” kata Taufan.