Kota Parepare Kembangkan Sistem Informasi Geografis

Komentar Dinonaktifkan pada Kota Parepare Kembangkan Sistem Informasi Geografis

Dinas Tata Ruang dan Pengawasan BangunanĀ  melakukan pemutakhiran data perubahan penggunaan lahan Kota Parepare yang berbasis spasial yaitu dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). SIG ini bisa dimanfaatkan sebagaiĀ  informasi yang menjadi rujukan dalam pengelolaan wilayah Kota Parepare dan dapat memberikan informasi keruangan kepada para stakeholder yang membutuhkan. Hal ini telah diatur dalam Undang-Undang No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Dala undang-undang ini disebutkan bahwa data kondisi pemanfaatan ruang yang benar dan akurat akan menghasilkan kualitas perencanaan pembangunan daerah dan ketersediaan informasi penataan ruang berbasis spasial.

Informasi SIG penataan ruang Kota Parepare dapat website resmi Pemerintah Kota Parepare dengan mengklik http://www.pareparekota.go.id/kominfo/potensi-daerah-regional-prospect/lahan. Peta yang tersaji dalam website pemda ini adalah peta perubahan penggunaan lahan,peta penggunaan lahan, peta pola ruang dan peta administrasi.

Dalam peta perubahan lahan menggunakan citraspot6.pix yang menyajikan informasi tentang perubahan penggunaan lahan yang dijadikan sebagai daerah pemukiman. Untuk peta penggunaan lahan menyajikan informasi tentag wilayah Kota Parepare yang merupakan daerah hutan, kawasan industri, pemukiman,perkantoran dan pergudangan dan sebagainya.Hal ini merupakan penjelasan dari Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Parepare 2011-2031.Selain itu juga terdapat peta administrasi dan peta pola ruang.