Call Center 112 Resmi Diluncurkan

Komentar Dinonaktifkan pada Call Center 112 Resmi Diluncurkan

PAREPARE-  Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Parepare. Layanan kesehatan yang bersifat  darurat dan gratis, kini dapat dinikmati masyarakat langsung dari rumah mereka. Ini setelah Pemerintah Kota Parepare resmi meluncurkan Program Call Centre 112,  Jumat, 24 Oktober, pekan lalu.

Peluncuran program unggulan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe yang berlangsung markas Call Centre 112 Parepare di pelataran Masjid Agung ini, ditandai penekanan tombol sirene oleh Wali Kota Parepare, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr. Muhammad Yamin, menjelaskan, untuk memberi kemudahan kepada warga, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan tiga provider seluler, yang memungkinkan warga yang mengalami kondisi darurat dapat menghubungi Call Centre 11 2 melalui handphone mereka.

Ketiga provider dimaksud adalah Simpati, Halo dan Xl. Masyarakat kata Muhammad Yamin, juga dapat menghubungi Call Centre 112 melalui telepon rumah.  Sementara unruk provider lain, kata Yamin, pihaknya tengah menjajakinya kemungkinan kerjasama serupa.

Ia juga menjelaskan, masyarakat yang menghubungi Call Centre 112 dari telepon rumah dan dari tiga kartu tersebut, tidak dikenakan pembayaran alias bebas pulsa.

Muhammad Yamin menjelaskan, Call Centre 112 adalah terobosan penting Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe. Program ini didukung 14 tenaga dokter dan 28 tenaga para medis  yang telah bersertifikasi, yang bekerja secara shif (bergantian).

Program ini juga didukung tiga mobil ambulance yang dilengkapi peralatan medis standar, sehingga warga yang mengalami keadaan darurat, bisa langsung diberikan bantuan medis di rumah mereka masing-masing.

“Bila kondisi pasien dinilai membutuhkan penanganan lebih lanjut, oleh tim Call Centre pasien segera dibawa ke layanan kesehatan terdekat, seperti Puskesmas atau rumah sakit,” kata Yamin, di sela-sela peluncuran program ini.

Wali Kota Parepare, Hm Taufan Pawe, menjelaskan, selain memberikan layanan kesehatan darurat, Program Call Centre 112 juga akan memberikan pelayanan kesehatan umum ke masyarakat.

Setiap Jumat kata Taufan, bekerjasama anggita Tim Penggerak PKK Kota Parepare, tim Call Center akan berkeliling melakukan bhakti sosial kesehatan di masyarakat. Mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti gula, darah dan kolestrol.

Taufan tak menampik kemungkinan adanya orang-orang tak bertanggung jawab menganggu layanan yang bersufat kemanusian ini. Untuk mengantisipasi hal ini, pemerintah daerah, akan mengaktifkan tenaga kesehatan yang tergabung dalam PWS (Pemantau Wilayah Setempat).

Acara ini dirangkaian atraksi (demo) kegiatan penyelamatan tim Call Centre  terhadap warga yang mengalami kecelakaan lalu lintas. Mendapat laporan warga perihal kecelakaan tersebut, operator tim Call Centre 112 langsung menghubungi mobil Call Center  yang standbay di lapangan.

Dan seperti terlihat dalam atraksi tersebut, hanya dalam hitungan menit, dua mobil ambulance Call Centre 112 lengkap dengan tenaga medis dan dokter, degan sigap  langsung bisa memberikan pertolongan medis di lokasi kejadian, sehingga nyawa korban dapat diselematkan.

Demo tersebut merupakan protap kerja Call Centre 112. Seluruh mekanisme penangan laporan masyarakat dan pemberian layanan medis kepada warga yang mengalami keadaan darurat, dilakukan senbagaimana didemokan.