Pembukaan Umum Musrenbang RKPD 2025, Pj Wali Kota Parepare Harap Identifikasi Masalah di Kelurahan dan Kecamatan

Komentar Dinonaktifkan pada Pembukaan Umum Musrenbang RKPD 2025, Pj Wali Kota Parepare Harap Identifikasi Masalah di Kelurahan dan Kecamatan

PAREPARE — Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali membuka resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Parepare 2025 di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Senin, 15 Januari 2024.

Ini merupakan pembukaan umum Musrenbang, yang selanjutnya dimulai Musrenbang tingkat Kelurahan pada Rabu, 17 Januari 2024.

Pj Wali Kota Akbar Ali dalam arahannya saat membuka Musrenbang berpesan agar pelaksanaan Musrenbang mampu mengidentifikasi permasalahan di wilayah Kelurahan dan Kecamatan. Mampu memprioritaskan masalah yang mampu diselesaikan. Mampu menyepakati permasalahan prioritas. “Dan mampu menyusun program, kegiatan dan sub kegiatan yang dianggap mampu menyelesaikan permasalahan,” pesan Akbar Ali.

Mengerucut dibahas berapa biaya, kapan dilaksanakan dan lokasi pelaksanaan di mana akan dicantumkan dalam berita acara. Selanjutnya akan disinergikan dengan hasil reses DPRD Parepare dalam bentuk pokok pokok pikiran pada saat pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kota Parepare.

Akbar Ali juga meminta partisipasi masyarakat dalam mengawal usulan dan diharapkan LPMK menyampaikan usulan secara lengkap. Data by name by address, agar bisa tepat sasaran dan tepat fungsi.

“Saya juga meminta komitmen DPRD terkait hasil Musrenbang RKPD dan hasil reses harus seimbang dan sesuai program prioritas. Reses lahir dari masyarakat, dan Musrenbang lahir dari masyarakat,” harap Akbar Ali.

Sementara Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun dalam laporannya menyampaikan, salah satu tahapan perencanaan pembangunan adalah pelaksanaan Musrenbang. Musrenbang merupakan kegiatan wajib yang dilaksanakan setiap tahunnya sebagai salah satu wadah masyarakat dan stakeholder menyampaikan kondisi wilayahnya.

“Musrenbang juga merupakan forum musyawarah antar stakeholder dan pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati pelaksanaan program-kegiatan yang menjawab prioritas permasalahan wilayah Kelurahan/Kecamatan berdasarkan usulan pada jenjang pelaksanaan musrenbang, dan akan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Parepare yang nantinya akan dicantumkan dalam Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD),” kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengemukakan, proses Musrenbang secara berjenjang, mulai dari Musrenbang tingkat Kelurahan, Musrenbang tingkat Kecamatan dan Musrenbang Tingkat Kota.

Pemerintah Kota Parepare merencanakan pembangunan daerah Kota Parepare Tahun 2025 dengan Tema “Penguatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Inklusif serta peningkatan Sumber Daya Manusia Unggul dan Berdaya Saing”.

Musrenbang Kelurahan akan dilaksanakan di 22 Kelurahan, selama tiga hari, 17-19 Januari 2023. Sedangkan Musrenbang Kecamatan akan dilaksanakan di empat Kecamatan, selama dua, 9-10 Februari 2023.

Pembukaan umum Musrenbang turut dihadiri Ketua DPRD Parepare, Kaharuddin Kadir, Sekda Parepare Muh Husni Syam, Staf Ahli, Asisten, para Kepala SKPD, Kepala Bagian Setdako, para Camat, para Lurah, para Kasubag Program dan Evaluasi, para Kepala UPTD, para Ketua LPMK, gabungan organisasi perempuan, Forum Anak, Forum Genre, dan stakeholder lainnya