Pemkot Parepare Gelar Musrenbang RKPD 2024

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Parepare Gelar Musrenbang RKPD 2024

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Parepare Tahun 2024, Senin, 3 April 2023.

Musrenbang dibuka resmi Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Auditorium BJ Habibie, Rumah Jabatan Wali Kota Parepare.

Hadir Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulsel, Sukarniaty Kondolele mewakili Gubernur Sulsel.

Hadir lengkap unsur Forkopimda Parepare, Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim, Ketua DPRD Parepare H Kaharuddin Kadir, Dandim 1405 Parepare, Kapolres Parepare, Kepala Kejaksaan Negeri Parepare, Ketua Pengadilan Negeri Parepare.

Pejabat Pemkot Parepare juga hadir lengkap, mulai Sekda H Iwan Asaad, Staf Ahli, Asisten, para Kepala SKPD, termasuk Plt Kepala Bappeda Eko W Ariyadi bersama jajaran, hingga Camat dan Lurah.

Ketua TP PKK Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan hadir bersama jajaran pengurusnya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1405, Ketua Dharma Wanita Persatuan Parepare, jajaran organisasi perempuan, dan stakeholder lainnya.

Unsur perguruan tinggi turut hadir di antaranya Rektor Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) Prof Dr Ansar Suyuti, IAIN Parepare, Universitas Muhammadiyah Parepare, organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan, dan para peserta Musrenbang lainnya.

Dalam sambutannya, Wali Kota Taufan Pawe mengatakan, Musrenbang kali ini spesifik. Karena jika Musrenbang sebelumnya berpedoman pada RPJMD, maka Musrenbang kali ini berpedoman pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2024-2026 atau usianya hanya dua tahun.

“Penjabat Wali Kota nanti harus berpedoman pada RPD 2024-2026, yang disahkan oleh Wali Kota sebelumnya. Jadi ini harus tuntas dalam tiga bulan,” kata Taufan Pawe.

Taufan Pawe yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel berpesan agar Pj Wali Kota Parepare nanti tetap Istiqamah pada RPJMD sebelumnya, karena mungkin ada yang belum dioptimalisasikan.

Taufan Pawe juga mengapresiasi tema sentral Musrenbang yakni Akselerasi Pembangunan Ekonomi Daerah, Pembangunan Manusia yang Berkualitas, dan Peningkatan Pemerataan Kesejahteraan Masyarakat. “Pemilihan tema sentral ini menjadi lokomotif, motor penggerak menuju akhir yang kita inginkan,” tegas TP, akronim Wali Kota Parepare dua periode ini.

Sukarniaty Kondolele yang membacakan sambutan Gubernur berpesan beberapa hal terkait bantuan keuangan Pemprov Sulsel di Parepare. “Titipan Pak Gubernur sekiranya bantuan keuangan untuk jembatan dan jalan, diharapkan memberi kemudahan kepada masyarakat menjadi jalan alternatif mengurai kemacetan di Parepare,” harap Sukarniaty Kondolele.

Sementara Plt Kepala Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi dalam laporannya mengatakan, Musrenbang tahun 2023 ini merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD 2024.

“Musrenbang ini akan menjadi muara dari seluruh usulan-usulan prioritas yang disampaikan saat pelaksanaan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Anak, dan Musrenbang Perempuan. Tahun ini juga ada Musrenbang Inklusi bagi kalangan disabilitas, mulai dari tingkat Kelurahan sampai Kecamatan,” terang Eko W Ariyadi.