Parepare Kembali Raih Penghargaan Nasional Anugerah UI Green City Metric 2022

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Kembali Raih Penghargaan Nasional Anugerah UI Green City Metric 2022

PAREPARE — Satu lagi penghargaan nasional yang bakal digenggam Pemerintah Kota Parepare. Kepastian itu setelah Parepare menjadi nominasi untuk mendapat penghargaan pembangunan berkelanjutan dari Universitas Indonesia bertajuk UI Green City Metric Tahun 2022.

Parepare sudah menerima undangan untuk menerima anugerah pada acara pengumuman UI Green City Metric Rangkings 2022. Pengumuman dan pemberian anugerah UI Green City Metric Rankings 2022 untuk Kabupaten/Kota di Indonesia ini akan berlangsung secara hybrid (luring dan daring), dipusatkan di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat pada Kamis, 21 Juli 2022.

Pemkot Parepare menindaklanjuti undangan itu dengan menggelar rapat persiapan penerimaan anugerah di Ruang Rapat Bappeda Parepare, Rabu, 29 Juni 2022.

Rapat dipimpin oleh Asisten I Setdako Parepare, Hj Amina Amin, dan dihadiri oleh jajaran SKPD terkait lingkup Pemkot Parepare.

“Alhamdulillah Parepare masuk nominasi mendapatkan penghargaan bergengsi dari segi pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dari Universitas Indonesia. Nama ajang penghargaannya UI Green City Metric. Kemarin rapat koordinasi terkait penghargaan tersebut dipimpin oleh Ibu Asisten I,” ungkap Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha menjelaskan tentang penghargaan itu, Kamis, 30 Juni 2022.

Zulkarnaen mengungkapkan, Parepare akan mendapat penghargaan salah satu dari sembilan nominasi di ajang ini. Untuk kategorinya nanti akan diumumkan pada 21 Juli 2022. “In Syaa Allah anugerah ini akan menambah daftar penghargaan nasional yang diterima Pemerintah Kota Parepare selama kepemimpinan Bapak Wali Kota Dr HM Taufan Pawe SH MH,” kata Zulkarnaen.

Dalam lampiran Surat Nomor S-208/UIGM/OTL/04/00/2022 dari UI Green City Metric, Parepare masuk nominasi bersama beberapa Kota lainnya di Indonesia yakni Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Padang, dan Kota Semarang.

Adapun sembilan kategori penghargaan di ajang ini adalah Kota Paling Berkelanjutan Ketiga di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan Kedua di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan Pertama di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Penataan Ruang dan Infrastruktur di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Energi dan Perubahan Iklim di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Kelola Limbah di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Kelola Air di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Akses dan Mobilitas di Indonesia, Kota Paling Berkelanjutan dalam Bidang Tata Pamong di Indonesia.
(*)