Parepare Tembus 10 Besar Nasional Penghargaan Pembangunan Daerah

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Tembus 10 Besar Nasional Penghargaan Pembangunan Daerah

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare sukses menembus 10 besar tingkat nasional ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2022.

Kepastian itu setelah Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengumumkan daftar Kabupaten Kota yang lolos masuk 10 besar hasil penilaian tahap II, Rabu, 23 Maret 2022. Selanjutnya 10 besar terbaik ini akan mengikuti penilaian tahap III yakni verifikasi.

Penilaian tahap III dijadwalkan pada 28-29 Maret 2022. Secara teknis penilaian akan disampaikan oleh Bappenas.

Sebelumnya dalam penilaian tahap II, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe yang memimpin langsung presentasi dan wawancara secara virtual di hadapan tim penilai independen dan tim penilai utama pada Jumat, 18 Maret 2022.

Taufan Pawe mengulas profil daerah, inovasi, program unggulan Parepare secara padat, informatif, dan cerdas selama 20 menit sesuai alokasi waktu yang diberikan oleh tim penilai.

Taufan Pawe mempresentasikan inovasi unggulan Parepare yakni Callnak atau Call Ternak Centre. Callnak Centre adalah pelayanan kesehatan untuk hewan ternak yang pernah menembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia tingkat nasional. Callnak Centre merupakan pelayanan aduan dan respons cepat Peternakan dan Kesehatan Hewan Terpadu di Parepare.

“Ini menunjukkan Pemerintah Kota Parepare tidak hanya peduli pada kesehatan manusia, tapi juga hewan ternak. Jangan dianggap remeh, karena memperdulikan hewan ternak itu menyangkut kesejahteraan masyarakat dan genetika hewan ternak warga,” ungkap Taufan Pawe.

Taufan Pawe juga mengungkap sosok Presiden ke-3 RI yang merupakan putra Parepare, BJ Habibie sebagai sumber inspirasi dalam pembangunan Parepare. “Pembangunan yang kami lakukan selama ini tidak lepas dari sumber inspirasi kami Bapak Prof BJ Habibie,” tandas Taufan Pawe, Wali Kota Parepare dua periode.

Lolos mewakili Sulsel ke PPD tingkat nasional ini adalah kedua kalinya secara berturut-turut bagi Parepare. Tahun lalu juga Parepare menjadi yang terbaik tingkat Provinsi Sulsel, dan mewakili Sulsel ke PPD tingkat nasional. (*)