Wali Kota Parepare Pimpin Presentasi dan Wawancara di Hadapan Tim Penilai Pusat Penghargaan Pembangunan Daerah Nasional

Komentar Dinonaktifkan pada Wali Kota Parepare Pimpin Presentasi dan Wawancara di Hadapan Tim Penilai Pusat Penghargaan Pembangunan Daerah Nasional

PAREPARE — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe memimpin presentasi dan wawancara Pemerintah Kota Parepare di hadapan tim penilai pusat dalam penilaian tahap II ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat nasional 2022.

Presentasi dan wawancara berlangsung secara virtual di ruang rapat Kantor Wali Kota Parepare, Jumat, 18 Maret 2022.

Dalam presentasi itu Taufan Pawe didampingi Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim, Sekda Parepare H Iwan Asaad, Kepala Bappeda Parepare Samsuddin Taha, Tim Bappeda, dan jajaran SKPD terkait Pemkot Parepare.

Penilaian tahap II ini mencakup 22 indikator yang meliputi 4 aspek yaitu pencapaian, kualitas dokumen RKPD, proses penyusunan dokumen RKPD, dan inovasi.

Di harapan Tim Penilai Independen (TPI) dan Tim Penilai Utama (TPU), Taufan Pawe memaparkan profil daerah, inovasi, program unggulan. Inovasi yang dipresentasikan kali ini adalah Callnak atau Call Ternak Centre. Callnak Centre adalah pelayanan kesehatan untuk hewan ternak yang pernah menembus Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia tingkat nasional. Callnak Centre merupakan pelayanan aduan dan respons cepat Peternakan dan Kesehatan Hewan Terpadu di Parepare.

“Ini menunjukkan Pemerintah Kota Parepare tidak hanya peduli pada kesehatan manusia, tapi juga hewan ternak. Jangan dianggap remeh, karena memperdulikan hewan ternak itu menyangkut kesejahteraan masyarakat dan genetika hewan ternak warga,” ungkap Taufan Pawe.

Wali Kota peraih 207 penghargaan ini juga mengulas sosok Presiden ke-3 RI yang merupakan putra Parepare, BJ Habibie yang menjadi sumber inspirasi Parepare dalam membangun. “Pembangunan yang kami lakukan selama ini tidak lepas dari sumber inspirasi kami Bapak Prof BJ Habibie,” ungkap Taufan Pawe, Wali Kota Parepare dua periode.

Taufan Pawe membawakan presentasi secara padat, informatif, dan cerdas selama 20 menit sesuai alokasi waktu yang diberikan oleh tim penilai.

Karena dalam tahap ini setiap daerah hanya mendapatkan alokasi waktu total 100 menit, yang terbagi 10 menit untuk penjelasan teknis oleh moderator, 5 menit untuk video atau pembukaan oleh daerah, 20 menit presentasi, 60 menit diskusi dan tanya jawab, dan 5 menit untuk penutup.

Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) ini merupakan ajang evaluasi pembangunan daerah secara kreatif dan komprehensif. Itu melalui 3 tahap yaitu penilaian dokumen, presentasi dan wawancara, serta verifikasi.

Parepare sebelumnya telah lolos penilaian tahap I, dan menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Sulsel. Parepare pun menjadi wakil Sulsel di tingkat nasional.

Capaian ini mengulang prestasi sama tahun lalu, yakni Parepare jadi yang terbaik mewakili Sulsel ke tingkat nasional. (*)