Science For All untuk SMP, Pemkot Parepare Dorong Pelajar Jadi Inovatif Kreatif dengan IPTEK

Komentar Dinonaktifkan pada Science For All untuk SMP, Pemkot Parepare Dorong Pelajar Jadi Inovatif Kreatif dengan IPTEK

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar kegiatan Science For All untuk Sekolah Menengah Pertama se-Parepare.

Pembukaan kegiatan berlangsung secara virtual yang dipusatkan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Rabu, 29 Desember 2021.

Sekretaris Bappeda Parepare Zulkarnaen Nasrun yang mewakili Kepala Bappeda Parepare Samsuddin Taha membacakan sambutan tertulis Wali Kota Parepare berterima kasih kepada Pusat Peraga IPTEK (PPIPTEK) yang bekerjasama dengan Science Centre Kota Parepare sebagai pemerakarsa kegiatan. “Hal ini membuktikan peran penting kedua lembaga ini dalam upaya mengembangkan pemanfaatan IPTEK di masyarakat,” kata Wali Kota seperti dibacakan Zulkarnaen.

Secara umun, Wali Kota atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan Science For All (SFA), yang merupakan program publikasi sains teknologi bagi pelajar dan pendidik melalui kegiatan sains interaktif. “SFA ini sangat penting dalam rangka menumbuhkan minat, kreativitas dan inovasi pelajar terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi di Parepare,” tegas Wali Kota.

Di ajang ini berbagai kegiatan dilakukan seperti Virtual Tour Alat Peraga, Smart Science Show, Quiz Iptek, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para pelajar dalam pengembangan Iptek di Parepare.

Zulkarnaen dalam sambutan Wali Kota menuturkan, hal ini menjadi wahana kebudayaan Iptek yang dikemas secara menyenangkan. Para Pelajar di Parepare dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai sarana belajar secara santai dan menyenangkan dalam peningkatan kualitas SDM sehingga dapat melahirkan Habibie-habibie kecil yang berasal dari Parepare, kota kelahiran BJ Habibie. “Membangun Parepare tidak pernah lepas menjadikan BJ Habibie sebagai inspirasi,” ingat Wali Kota.

“Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan kegiatan ini mampu menjadi stimulan untuk meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya sains dan teknologi. Hal ini penting untuk meningkatkan kecerdasan dan daya saing kita,” harap Wali Kota.

Di penghujung sambutan, Wali Kota berharap agar kegiatan SFA ini dapat memberi manfaat besar bagi para pelajar dan dunia pendidikan Parepare. “Dan kami mengharapkan agar PP IPTEK dan Science Centre Parepare senantiasa memberikan pendampingan kepada pelajar dan masyarakat dalam memanfaatkan IPTEK sehingga dapat berdaya guna,” tandas Wali Kota.

Kegiatan ikut dihadiri secara virtual Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, Arifuddin Idris, semua Kepala SMP dan setaranya, serta Tim Litbang Bappeda Parepare. (*)