Tindak Lanjut Kerja Sama Pemkot Parepare dan Unhas, Dua Guru Besar Diseminasikan Hasil Penelitian

Komentar Dinonaktifkan pada Tindak Lanjut Kerja Sama Pemkot Parepare dan Unhas, Dua Guru Besar Diseminasikan Hasil Penelitian

PAREPARE — Dua guru besar asal Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar hadir di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare, Kamis, 16 Desember 2021.

Dua guru besar itu adalah Prof Dr Ir Budimawan DEA, dan Prof Dr Ir Metusalach MSc. Keduanya juga merupakan peneliti dari LPPM Unhas.

Keduanya melakukan Diseminasi/Sosialisasi Hasil Penelitian di ruang rapat Bappeda Parepare.

Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha mengatakan, diseminasi ini adalah tindak lanjut dari MoU Pemkot Parepare dengan Unhas dalam hal kerja sama penelitian dan pengembangan.

“Jadi Pak Prof Dr Ir Budimawan DEA, judul penelitian adalah pendekatan teknometrik dalam UKM produk olahan perikanan/suplay chain bahan baku perikanan. Dan Prof Dr Ir Metusalach MSc, judulnya introduksi konsentrat protein ikan dalam rangka perikanan asupan protein dan pencegahan stunting,” terang Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengemukakan, salah satu arah kebijakan kegiatan penelitian dan pengembangan Bappeda Parepare ke depannya adalah penguatan kelembagaan kelitbangan dengan membangun sinergitas dan kolaborasi dalam pelaksanaan kelitbangan dengan penghasil produk pengetahuan baik itu dari perguruan tinggi dan lembaga riset dalam pemanfaatan hasil-hasil kelitbangan dalam perumusan kebijakan publik.

“Sebagai langkah awal dalam membangun kolaborasi dan sinergitas tersebut, Pemerintah Kota Parepare telah menandatangani MoU dengan perguruan tinggi dan telah ditandatangani pula perpanjangan MoU Pemerintah Kota Parepare dengan Universitas Hasanuddin dan salah satu poin yang termuat dalam MoU tersebut adalah kerja sama dalam bidang penelitian dan pengembangan,” ungkap Zulkarnaen.

Berdasarkan MoU itulah yang ditindaklanjuti oleh Bappeda Parepare mengundang Prof Budimawan dan Prof Metusalach, yang merupakan peneliti dan dosen di Universitas Hasanuddin untuk melakukan diseminasi atau sosialisasi hasil penelitian yang telah dilakukan. Yakni bagaimana Pendekatan Teknometrik dalam UKM Produk Olahan Perikanan/Suplay Chain Bahan Baku Perikanan dan Introduksi Konsentrat Protein Ikan dalam Rangka Perbaikan Asupan Protein dan Pencegahan Stunting.

“Diharapkan dengan diseminasi ini dapat membuka wawasan kita terutama untuk pengembangan usaha jika memang memungkinkan. Dan diharapkan dengan dilakukannya diseminasi hasil penelitian ini, maka informasinya dapat disebarluaskan atau dipublikasikan kepada stakeholder sehingga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Kota Parepare,” harap Zulkarnaen.

Diseminasi dihadiri Bappeda Parepare, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan
(PKP) Parepare, Dinas Kesehatan
Parepare, Dinas PPKB Parepare, Dinas Perdagangan
Parepare, UPTD Puskesmas se-Parepare, dan pelaku IKM/UMKM di Parepare. (*)