Pemkot Parepare Beri Ruang Anak LPKA Bersuara dalam Perencanaan Pembangunan

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Parepare Beri Ruang Anak LPKA Bersuara dalam Perencanaan Pembangunan
PAREPARE — Terobosan dilakukan Pemkot Parepare melalui Bappeda yakni memberi ruang anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) untuk menyuarakan aspirasinya dalam perencanaan pembangunan.
Mengakomodir aspirasi anak LPKA ini, Bappeda bersama Forum Anak Parepare, Fasilitator Forum Anak Parepare turun langsung menggelar Musrenbang di LPKA Parepare, Jumat, 21 Februari 2020.
Kepala Bidang Perencanaan SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, Dede Alamsyah Wakkang dalam Musrenbang di LPKA Parepare mengemukakan, penyelenggaran Musrenbang Anak mulai tingkat kecamatan, disabilitas hingga LPKA untuk menunjang prioritas aspirasi anak sebagai dasar pelaksanaan Musrenbang anak tingkat kota.
“Peran aktif anak-anak dalam setiap penyelenggaraan Musrenbang termasuk di LPKA, sangat dibutuhkan agar seluruh program atau kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan anak-anak sehingga dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi,” terang Dede.
Musrenbang Anak tahun ini lebih maju, karena sudah ada ruang bagi anak disabilitas dan anak binaan LPKA. Tahun lalu anak binaan LPKA hanya menyuarakan aspirasi lewat teleconference saat Musrenbang Anak tingkat kota, namun tahun ini, suara aspirasi mereka didengar langsung di LPKA.
“Dalam Musrenbang Anak LPKA ini terungkap bahwa hak kebebasan mereka secara fisik memang hilang untuk sementara waktu namun hak lain yang menyangkut hak dasar tetap melekat dan perlu diakomodir,” ungkap Dede.
Dede berharap, Musrenbang Anak LPKA ini dapat menjadi forum dialog efektif dalam membangun komitmen kesejahteraan masyarakat khususnya anak LPKA.
Selanjutnya Musrenbang Anak tingkat kota direncanakan berlangsung 26 Februari 2020, yang dihadiri langsung Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. (*)