Parepare Kota Kecil Terbaik Sektor Infrastruktur

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Kota Kecil Terbaik Sektor Infrastruktur

 

JAKARTA — Kota Parepare dinobatkan menjadi Kota Kecil Terbaik Sektor Infrastruktur di ajang Indonesia’s Attractiveness Award 2019.

Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe yang hadir menerima penghargaan kategori peringkat Gold itu pada malam penganugerahan di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019.

Indonesia’s Attractiveness Award 2019 diadakan oleh Tempo Media Group bersama Frontier Consulting Group, yang memberikan penghargaan kepada daerah-daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik, dan pariwisata.

Kepala Bappeda Parepare Ir Samsuddin Taha bersama jajaran ikut hadir mendampingi Wali Kota Taufan Pawe.

Kepala Bappeda Samsuddin Taha melalui Kabid Perencanaan Prasarana Wilayah dan Ekonomi Zulkarnaen mengatakan, Parepare dinilai sukses dalam melakukan investasi infrastruktur di berbagai bidang, sehingga meraih penghargaan Kota Kecil Terbaik Sektor Infrastruktur.

“Pak Kepala Bappeda ikut mendampingi Pak Wali Kota saat presentasi dan wawancara di hadapan tim juri independen di Gedung Tempo, Jakarta. Saat itu tim juri memang sangat mengapresiasi sektor infrastruktur Parepare,” ungkap Zulkarnaen.

Sebelum presentasi di Gedung Tempo Jakarta, Bappeda memang sudah merapatkan bersama SKPD teknis terkait data bahan persiapan presentasi.

SKPD terkait di antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Keuangan Daerah, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kesehatan, RSUD Andi Makkasau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Perdagangan , PDAM, serta Bagian Humas dan Protokoler Setdako.

Data yang dipresentasikan itu antara lain investasi infrastruktur dengan sumber penganggaran APBD, DAK dan APBN tahun 2013-2019.

Di antaranya untuk infrastruktur air bersih, infrastruktur jalan, infrastruktur sanitasi, infrastruktur pendidikan, infrastruktur kesehatan, infrastruktur kepariwisataan

Kemudian data PDRB yang mendukung sektor infrastruktur tahun 2013-2019. Rencana pengembangan infrastruktur 5 tahun ke depan. Serta kontribusi sektor infrastruktur terhadap PAD.

“Intinya penghargaan nasional ini mengantarkan Parepare meraih penghargaan ke 149 selama masa pemerintahan Wali Kota Dr HM Taufan Pawe,” tandas Zulkarnaen. (*)