Parepare Lolos Verifikasi Dokumen Kota Sehat, Siap Verifikasi Lapangan

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Lolos Verifikasi Dokumen Kota Sehat, Siap Verifikasi Lapangan

PAREPARE — Selangkah lagi Parepare mempertahankan predikat Kota Sehat, Swasti Saba Wistara untuk ketiga kali berurut.

Itu setelah Parepare dinyatakan lolos verifikasi dokumen dan bersiap untuk menghadapi verifikasi lapangan sebagai tahapan akhir penilaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) tahun 2019.

Kepastian itu menyusul surat pemberitahuan verifikasi lapangan bagi kabupaten/kota yang lolos verifikasi dokumen KKS 2019 dari Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri tanggal 23 Juli 2019.

Kepala Bappeda Parepare selaku Ketua Tim Pembina Kota Sehat Parepare Ir Samsuddin Taha mengatakan, gubernur menginstruksikan kepada Tim Pembina KKS provinsi dan kabupaten/kota melalui bupati/wali kota agar mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan verifikasi lapangan oleh Tim Verifikasi Pusat.

“Juga diminta mempertimbangkan lokasi yang akan diverifikasi dan bukan lokasi yang pernah dikunjungi tahun sebelumnya,” ungkap Samsuddin, Selasa, 23 Juli 2019.

Tim Pembina KKS juga diminta menyusun time schedulle verifikasi lapangan sesuai lokasi ditentukan secara efektif dan efisien serta tidak perlu ada acara seremonial.

Rencananya, Parepare akan diverifikasi lapangan pada 23-27 September 2019. Bersamaan dengan verifikasi daerah tetangga yakni Kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang.

Ketua Forum Kota Sehat Parepare H Minhajuddin Ahmad menyambut optimis persiapan verifikasi lapangan.

“Parepare sudah lolos verifikasi dokumen, sekarang menghadapi verifikasi lapangan. Insya Allah, kami optimis meraih Wistara Kota Sehat ketiga kali,” kata Ketua Komisi II DPRD Parepare ini.

Menjelang verifikasi itu, Minhajuddin meminta partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan lingkungannya.

Membiasakan perilaku dan pola hidup sehat untuk Parepare menjadi Kota Sehat.

Anggota Tim Pembina Kota Sehat Parepare, Nirmalasari Haya mengatakan, ada 35 lokus Kota Sehat yang dibina dan diverifikasi di Parepare.

“Lokus ini merupakan representatif dari tujuh indikator tatanan yang dinilai,” ungkap Nirmalasari yang juga Kasubid Pemerintahan dan Aparatur Bidang SDM dan Sosbud Bappeda Parepare.

Tujuh tatanan Kota Sehat itu adalah kehidupan sehat mandiri, sarana prasarana sehat, pariwisata sehat, transportasi sehat, perdagangan sehat, perkantoran sehat, dan pangan yang sehat.

Tim Teknis Kota Sehat Parepare, Yusri SKM mengharapkan dukungan semua warga dan Pemerintah Kota Parepare dalam mewujudkan Parepare sebagai Kota Sehat di semua aspek tatanan kehidupan.

“Jika verifikasi lapangan sukses, dipastikan Parepare mempertahankan predikat Kota Sehat kategori tertinggi yakni Swasti Saba Wistara untuk ketiga kali berurut. Itu berarti Swasti Saba Wistara Emas,” tandas Yusri. (*)