Taufan Pawe Hadiri Musrenbangnas, Usung Agenda Tingkatkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

Komentar Dinonaktifkan pada Taufan Pawe Hadiri Musrenbangnas, Usung Agenda Tingkatkan SDM Berkualitas dan Berdaya Saing

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019.

Kegiatan yang berlangsung hingga 14 Mei 2019 itu bertujuan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020.

Tema RKP 2020 yaitu Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas.

Turut hadir beberapa pimpinan lembaga negara di antaranya Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang.

Hadir pula para menteri kabinet kerja, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota seluruh Indonesia. Termasuk Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe.

Menteri/Kepala Bappenas, Bambang PS Brodjonegoro mengatakan Musrenbangnas 2019 merupakan momentum penting karena dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKP 2020 yang merupakan pelaksanaan tahun pertama Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan agenda utama meningkatkan SDM berkualitas dan berdaya saing. “Pada 2024 pertumbuhan ditargetkan rata-rata 5,4%-6% per tahun,” terangnya.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan bahwa dalam lima tahun terakhir pembangunan nasional menunjukkan kemajuan yang sangat baik.

Di tengah ketidakpastian global ekonomi nasional tumbuh dengan stabil dan mencapai 5,17% di 2018. Kemiskinan mencapai tingkat rendah 9,66% di September 2018.

Tingkat pengangguran terus menurun di angka 5,34% pada Agustus 2018. Kesejahteraan sosial juga terus membaik. Antara lain dengan meningkatnya angka usia harapan hidup dan tingkat pendidikan juga  stabilitas politik dan keamanan yang terjaga. (*)