Pemkot Parepare Kerjasama Yayasan BaKTI Melalui Program MAMPU Dorong Pencapaian SDGs

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Parepare Kerjasama Yayasan BaKTI Melalui Program MAMPU Dorong Pencapaian SDGs

PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare bekerjasama dengan BaKTI melalui program MAMPU (Kemitraan Pemerintah Australia dengan Indonesia untuk Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender) kebijakan RAD SDG’s untuk pencapaian SDG’s (Sustainable Development Goals) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Kota Parepare.

Kerja sama telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan salah satunya itu adalah penyusunan RAD SDG’s dan pembentukan Kelompok Kerja (Pokja) SDG’s.

Dalam pertemuan di Bappeda Parepare, Jumat, 15 Maret 2019, juga ditetapkan Kantor Bappeda Parepare sebagai Sekretariat SDGs.

Program Manager MAMPU-BaKTI, Lusia Palulungan mengatakan, kerjasama dengan Pemkot Parepare salah satunya adalah mengawal implementasi rencana aksi daerah di Parepare, yang saat ini dalam proses penandatanganan Wali Kota Parepare.

“Pertemuan hari ini untuk merumuskan dan menyusun program kerja Pokja SDGs. Yang di dalamnya ada agenda pertemuan rutin, penguatan kapasitas, sosialisasi, dan agenda lainnya,” ungkap Lusia.

Pertemuan hari ini, lanjut Lusia, sekaligus memanfaatkan Kantor Bappeda sebagai Sekretariat Pokja SDGs.

Dia berharap melalui Pokja SDGs dapat melibatkan peran lembaga non pemerintah untuk lebih aktif dalam SDGs dan ada sinkronisasi program non pemerintah dengan program pemerintah untuk pencapaian SDGs.

Sekretaris Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi menilai pembentukan Pokja SDGs ini penting untuk mendorong pencapaian SDGs.

“Jadi teman-teman non government memang perlu dilibatkan, karena selama ini belum terdokumentasikan,” kata Eko. (*)