Musrenbang Anak Parepare Siap Wujudkan Infrastruktur Ramah Anak

Komentar Dinonaktifkan pada Musrenbang Anak Parepare Siap Wujudkan Infrastruktur Ramah Anak

PAREPARE — Pemkot Parepare akan menggelar Musrenbang Anak tingkat kecamatan, 19-20 Februari 2019.

Musrenbang Anak yang ketiga kalinya digelar, tahun ini mengusung tema Mewujudkan Anak Parepare yang Genius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, dan Sehat) Melalui Pembangunan Infrastruktur yang Ramah Anak.

Kabid SDM dan Sosbud Bappeda Parepare, H Andi Ardian Asyraq dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Musrenbang Anak tingkat kecamatan di Bappeda Parepare, Kamis, 14 Februari 2019, mengatakan Musrenbang Anak tahun 2019 ini, merupakan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD tahun 2020.

Salah satu bahasan dalam rapat adalah penetapan narasumber dan penetapan kuota peserta perwakilan anak se-Parepare.

Narasumber yang ditetapkan adalah dari kalangan pendidik. Ada empat narasumber yakni, Bakhtiar Kanu dari SMPN 1 Parepare, Asrullah dari SMPN 2 Parepare, St Aminah dari SMPN 4 Parepare, dan Andi Ajeng dari SMPN 10 Parepare.

“Materi dari narasumber adalah perlindungan anak dan konvensi hak anak,” ujar Andi Ardian.

Andi Ardian menekankan, anak diminta berpartisipasi mengeluarkan aspirasinya tanpa intervensi dari pihak manapun.

Tiga fokus partisipasi anak yakni, pertama sebagai hak. Di mana anak berhak untuk didengar pendapatnya.

Kedua, sebagai prinsip, sebagaimana telah ditetapkan sebagai satu dari empat prinsip dasar Konvensi Hak Anak.

Ketiga, sebagai metode yaitu sebagai sarana bagi anak untuk melakukan advokasi bagi dirinya sendiri dan membantu mengubah keadaan mereka sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan serta kepentingan anak.

“Rencananya kita laksanakan pada 19-20 Februari 2019 di Hotel Bukit Kenari. Syarat dan ketentuan sudah diatur dalam Juknis pelaksanaan Musrenbang Anak tahun 2019,” terang Andi Ardian.

Rinciannya, Musrenbang Anak untuk Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki Barat pada 19 Februari 2019, dan Musrenbang Anak Soreang dan Ujung 20 Februari 2019. Semuanya di Hotel Bukit Kenari.

Musrenbang Anak akan menggunakan metode FGD (focus group discussion).
Fasilitator berasal dari Forum Anak Kota Parepare baik Forum Anak Kecamatan untuk tingkat kecamatan maupun Forum Anak Kota Parepare untuk tingkat kota.

“Hasil Musrenbang Anak 2019 akan ditindaklanjuti oleh SKPD teknis terkait usulan peserta Musrenbang Anak tahun 2019,” tandas Andi Ardian.

Menjadi catatan, belum semua daerah di Sulsel melaksanakan Musrenbang Anak. Parepare sudah tiga kali tahun ini.

Pertama tahun 2017 tingkat kota di Kebun Raya Jompie. Kedua tahun 2018 tingkat kecamatan dan tingkat kota dihadiri oleh seluruh perwakilan anak se-Parepare. (*)