Partisipasi Masyarakat di Musrenbang Bangkitkan Potensi Kecamatan Bacukiki

Komentar Dinonaktifkan pada Partisipasi Masyarakat di Musrenbang Bangkitkan Potensi Kecamatan Bacukiki

PAREPARE — Saatnya bangkitkan potensi besar Kecamatan Bacukiki. Karena wilayah ini adalah ikon kota atas Parepare.

Masyarakat Kecamatan Bacukiki bisa berperan bangkitkan potensi wilayahnya asal berpartisipasi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Hal ini ditekankan Ketua Komisi II DPRD Parepare, H Minhajuddin Ahmad, Sekretaris Bappeda Parepare, Eko W Ariyadi, dan Camat Bacukiki, HM Iskandar Nusu dalam Musrenbang RKPD tingkat kecamatan tahun 2020 di Baruga Peduli Kecamatan Bacukiki, Rabu, 13 Februari 2019.

“Karakteristik Bacukiki berbeda dengan kecamatan lainnya. Bacukiki punya potensi besar khususnya pariwisata. Ini mendukung kota industri tanpa cerobong asap dengan tiga pilar prioritas yakni pendidikan, kesehatan, dan kepariwisataan,” ungkap Minhajuddin.

Legislator Partai Golkar ini meminta setiap usulan warga di Bacukiki diakomodir di Musrenbang. “Nanti tinggal dipilah mana pagu sektoral dan mana pagu indikatif,” pinta Minhajuddin.

Sekretaris Bappeda Parepare yang mewakili Kepala Bappeda, Eko W Ariyadi mengatakan, dibutuhkan peran masyarakat untuk rumuskan kembali apa-apa yang menjadi usulan di Musrenbang Kecamatan untuk selanjutnya ke Musrenbang Kota.

“Betul kata pak anggota dewan, karakteristik Bacukiki berbeda dengan kecamatan lainnya. Karena itu perlu
dibangun potensi Kecamatan Bacukiki lewat partisipasi masyarakat,” imbuh Eko.

Selain menyinggung soal potensi Bacukiki, Eko juga mengingatkan soal dana kelurahan yang mulai kucur tahun ini, di samping dana pagu indikatif wilayah yang sudah ada.

“Jadi ada dua pembiayaan yang masuk di kelurahan, ada pagu indikatif wilayah dan ada dana kelurahan. Dana kelurahan ini untuk sarana dan prasarana lingkungan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat,” papar Eko.

Eko menekankan, Musrenbang mengakomodir tiga usulan, masing-masing usulan dari masyarakat atau partisipasi masyarakat, usulan dari RPJMD, dan kegiatan SKPD.

“Hanya saja yang banyak itu adalah usulan dari RPJMD dan SKPD. Usulan dari masyarakat masih minim. Partisipasi masyarakat inilah yang perlu ditingkatkan,” tekan Eko.

Musrenbang Kecamatan Bacukiki dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, SKPD, delegasi kelurahan, dan stakeholder terkait. (*)