Kota Sehat Jadi Perhatian Serius Wali Kota, SKPD Wajib Dukung

Komentar Dinonaktifkan pada Kota Sehat Jadi Perhatian Serius Wali Kota, SKPD Wajib Dukung

—Positif, Hasil Verifikasi Provinsi di Parepare

PAREPARE — Hasil verifikasi Kota Sehat yang dilakukan Tim Verifikasi Provinsi Sulsel, terhadap Parepare menuai hasil positif.

Hasil verifikasi tingkat provinsi ini selanjutnya ditindaklanjuti verifikasi tingkat pusat.

Hal ini diungkap Plt Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen, Jumat, 1 Februari 2019.

“Jadi berdasarkan hasil rapat evaluasi verifikasi Kota Sehat yang kami lakukan di Bappeda, Kamis, 31 Januari 2019, disepakati bahwa SKPD yang belum memaparkan evaluasi verifikasi akan diundang selanjutnya ke Bappeda untuk presentasi hasil verifikasi berdasarkan tatanan yang dikelola,” kata Zulkarnaen.

SKPD yang akan diundang itu antara lain, Industri Sehat (Dinas Perdagangan), Sosial Sehat (Dinas Sosial dan DP3A), Sehat Mandiri (Dinas Kesehatan), Perhubungan Sehat (Dinas Perhubungan), Sarpras (Dinas PUPRĀ  dan Dinas Pendidikan), serta Pariwisata Sehat (DKOP).

Sementara SKPD yang sudah menyampaikan hasil evaluasi verifikasi adalah Sarpras (Dinas Perkimtan, DLH, Dinas Perdagangan), Ketahanan Pangan dan Gizi (Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas PKP).

“Tahapan saat ini adalah verifikasi dokumen. Jika sudah disempurnakan hasil perbaikan dimaksud selanjutnya akan diserahkan ke provinsi paling lambat 20 Februari dalam bentuk soft copy. Selanjutnya melalui provinsi akan dikirim ke pusat,” papar Zulkarnaen.

Tahapannya, lanjut Zulkarnaen, verifikasi dokumen setelah dinyatakan lolos oleh pusat baru akan diverifikasi lapangan oleh pusat.

Jika lolos verifikasi pusat, maka Parepare berpeluang meraih penghargaan atau predikat tertinggi Kota Sehat, Swasti Saba Wistara untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Predikat Kota Sehat ini sudah menjadi perhatian penuh Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe. Sehingga masuk di arahan kebijakan rancangan akhir RPJMD untuk tetap mempertahankan delapan tatanan yang sudah dicapai.

“Artinya Kota Sehat sudah menjadi kewajiban SKPD untuk mendukung penuh. Sehingga program yang direncanakan diarahkan menuju Kota Sehat,” tandas Zulkarnaen. (*)