Program Unggulan Pemkot Parepare Rumah Impian Dianggarkan Rp2 M

Komentar Dinonaktifkan pada Program Unggulan Pemkot Parepare Rumah Impian Dianggarkan Rp2 M

PAREPARE — Salah satu program unggulan Pemerintah Kota Parepare, yakni Rumah Impian, siap diwujudkan mulai tahun ini.

Program Rumah Impian ini dianggarkan Rp2 miliar dari APBD 2019, dengan estimasi setiap rumah mendapatkan Rp50 juta.

Hal ini diungkap Wakil Ketua DPRD Parepare, Rahmat Sjamsu Alam saat Musrenbang RKPD Kelurahan Lapadde di Barugae Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, 29 Januari 2019.

“Program Rumah Impian ini awalnya diusulkan Rp4 miliar, namun karena keterbatasan anggaran menjadi hanya Rp2 miliar,” ungkap Rahmat.

Karena Rumah Impian ini adalah program unggulan dan harus menyentuh masyarakat penerima tepat sasaran, Rahmat menekankan, indikatornya harus jelas.

“Jadi dengan anggaran Rp2 miliar itu, hitung-hitungan kami setiap rumah dibantu Rp50 juta. Itu sudah bisa jadi satu rumah yang sederhana. Ini beda dengan bedah rumah, yang hanya renovasi. Itu pun bedah rumah anggarannya maksimal Rp17 juta per rumah,” papar Rahmat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda, Zulkarnaen membenarkan, program Rumah Impian mulai diwujudkan tahun ini.

“Jadi ada beberapa program unggulan Pemerintah Kota Parepare yang mulai jalan tahun ini seperti Rumah Impian, bedah rumah, betonisasi lorong, dan program lainnya,” terang Zulkarnaen.

Zulkarnaen menambahkan, Rumah Impian ini punya indikator yang berbeda dengan bedah rumah.

“Sudah ada konsep tentang Rumah Impian ini, tapi belum final. Itu ada di Dinas Perkimtan selaku leading sector,” kata Zulkarnaen.

Saat ini juga kata dia, tengah jalan Musrenbang RKPD Kelurahan yang siap mengakomodasi kebutuhan- kebutuhan masyarakat di tingkat kelurahan untuk tahun anggaran 2020. (*)