Pemkot Juga Gelar Musrenbang Anak di Lapas

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Juga Gelar Musrenbang Anak di Lapas

PAREPARE — Ada yang istimewa dari pelaksanaan Musrenbang Anak tahun ini. Musrenbang tidak hanya menyasar peserta dari sekolah-sekolah umum tetapi juga anak-anak binaan Lapas (Lembaga Pemasyarakatan). Musrenbang pun digelar di dua tempat. Bagi anak-anak yang ada di Lapas, musrenbang digelar di tempat tersebut.

Suasana hangat menyelimuti pelaksanaan musrenbang di lembaga berjeruji itu. Menurut Fajriadi, Wakil Ketua Forum Anak Nasional yang ikut mendampingi, semangat mereka cukup tinggi serta sangat antusias mengikuti musrenbang.

Sekretaris Bappeda, EW. Ariyadi mengatakan, pelaksanaan musrenbang anak di Lapas merupakan pelajaran berdemokrasi anak. “Kami melakukan ini sebagai upaya memaksimalkan aspirasi anak dalam rangka menyampaikan kebutuhannya,” jelas Eko.
“Anak-anak di lapas tentu berbeda kebutuhannya dengan anak-anak di luar itu,” tambahnya

Musrenbang anak mulai digelar sejak tahun 2017. Hal ini merupakan langkah untuk membuka ruang partisipasi bagi anak agar dapat terlibat dalam pembangunan. Harapannya tentunya lanjut eko, kebijakan pembangunan merupakan implementasi kebutuhan yang tersampaikan melalui musrenbang ini. ( )