Musrenbang Perempuan Parepare Pikat DPRD Takalar

Komentar Dinonaktifkan pada Musrenbang Perempuan Parepare Pikat DPRD Takalar

PAREPARE–Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab Takalar melakukan kunjungan studi di Bappeda Parepare terkait Musrembang Anak dan Perempuan, Kamis (01/03).
Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana jalannya musrenbang anak dan musrenbang perempuan di kota kelahiran Prof. BJ. Habibie tersebut.

Parepare merupakan kota pertama di Sulawesi Selatan, yang telah melakukan musrenbang perempuan sejak 2017 lalu. Pada tahun yang sama Parepare juga menggelar musrenbang anak.

Ketua Komisi III DPRD Kab Takalar, Hj. Indrawati, mengapresiasi pelaksanaan musrenbang anak dan perempuan yang dilakukan Parepare. Menurutnya, isu-isu anak dan perempuan tidak sekadar mendapat ruang melalui musrenbang tetapi menjadi prioritas pembangunan.

“Salut untuk Parepare. Kami tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang hal ini,” tandasnya singkat

Sekretaris Bappeda, EW. Ariyadi mengungkapkan inisiasi penyelenggaraan musrenbang anak dan perempuan ini muncul karena melihat maraknya persoalan tentang anak dan perempuan di tengah masyarakat yang berkembang dari waktu ke waktu.

Kekerasan terhadap anak dan perempuan, pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan, pernikahan di bawah usia, kebutuhan perempuan di ruang kerja maupun ruang publik, kebutuhan anak di sekolah dan tempat umum hingga isu gender menjadi potret kaum perempuan dan anak. “Sehingga mereka perlu berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan,” tambahnya.

Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda, Andi Ardian menambahkan kontribusi dari peran serta kaum perempuan pada akhirnya akan mempengaruhi peningkatan produktivitas ekonomi melalui aktivitas ekonomi yang mereka lakukan.
“Anak dan perempuan merupakan kekuatan bangsa untuk membangun perekonomian bangsa menjadi lebih baik,” katanya.( )