Delegasi Siswa Ramaikan Musrenbang Anak Pemkot Parepare

Komentar Dinonaktifkan pada Delegasi Siswa Ramaikan Musrenbang Anak Pemkot Parepare

PAREPARE — Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak tingkat kecamatan Kota Parepare resmi dibuka, Rabu (14/02). Acara ini diramaikan delegasi anak dari sejumlah sekolah berbagai jenjang pendidikan di Kota Parepare serta utusan masing masing kecamatan.
Sekretaris Bappeda, EW. Ariyadi mengatakan, pelaksanaan musrenbang anak ini bertujuan melakukan pembangunan anak secara mandiri serta mendorong anak untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Lebih lanjut Ariyadi menjelaskan, fokus diskusi musrenbang anak. Kali ini dititikberatkan pada lima kluster kebutuhan anak. Lima kluster tersebut yaitu hak civil dan kebebasan anak, lingkungan dan pengelolaan asuh alternatif, hak pendidikan dan kesehatan serta perlindungan sosial anak.

Fais salah satu pengurus forum anak mengaku pelaksanaan musrenbang anak ini telah menjadi media untuk mengasah dan menggali potensi anak-anak di Kota Parepare mengenal secara langsung kebutuhannya. Ia berharap melalui pelaksanaan musrenbang anak ini pembangunan anak di Kota Parepare dapat semakin ditingkatkan.

“Kami sangat senang bisa dilibatkan dalam proses pembangunan di Kota Parepare. Dengan adanya media seperti ini, kami dapat berbicara dan memberi kontribusi terhadap pembangunan anak di Parepare,” tambahnya.

Musrenbang anak di Parepare dilakukan sejak tahun 2016. Memasuki tahun ke-2 ini, antusias anak yang mengikuti musrenbang semakin meningkat. Tak hanya itu, menurut Fais, pada musrenbang kali ini, gelora partisipasi peserta juga semakin hidup dibanding tahun sebelumnya.