Pemkot Segera Buka Pendaftaran Warga Miskin untuk Akurasi Data

Komentar Dinonaktifkan pada Pemkot Segera Buka Pendaftaran Warga Miskin untuk Akurasi Data

PAREPARE– Pemerintah Kota Parepare akan segera membuka akses pendaftaran bagi warga kurang mampu untuk mendaftarkan dirinya dalam data terpadu program penanganan fakir miskin.

Program ini dikembangkan pemerintah untuk memfasilitasi penduduk miskin dan kurang mampu agar dapat terdaftar dalam basis data warga miskin guna mendapat kesempatan menjadi calon penerima manfaat. Demikian dikemukakan local government capacity building, Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Luter Tarigan pada sosialisasi mekanisme pemutakhiran mandiri beberapa waktu lalu.

Kata luter, Program pendaftaran warga kurang mampu ini disebut juga mekanisme pemutakhiran mandiri yang bertujuan untuk memperbaiki tingkat akurasi dan validitas data sasaran penerima program perlindungan sosial. “Program ini merupakan jalan bagi warga untuk mendapat kesempatan menjadi calon penerima manfaat,”tuturnya

Walikota Parepare, DR. H.M. Taufan Pawe, sangat mengapresiasi program ini. Taufan menegaskan program ini akan segera berjalan pada tahun 2018. “Program ini akan kita laksanakan di seluruh kelurahan. Sehingga warga yang merasa dirinya kurang mampu, silahkan mendaftarkan dirinya di kelurahan agar bisa didata dalam data terpadu program penanganan fakir miskin. Kalau sudah ada dalam data terpadu, berarti peluang untuk mendapat bantuan tentu terbuka,” urainya

Mekanisme pemutakhiran mandiri merupakan sebuah sistem untuk memutakhirkan data base warga miskin sehingga menghasilkan data terpadu yang akurat, terbaru dan tepat sasaran. Sistem ini akan mereview warga miskin yang ada dalam data terpadu, melalui tahapan verifikasi dan validasi, sehingga warga yang teridentifikasi kurang mampu dapat dimasukkan dalam data terpadu dan sebaliknya warga yang dinyatakan masuk kategori sejahtera akan dikeluarkan.

Kepala Bappeda, H.Iwan Asaad, AP, M.Si mengatakan, pelaksanaan MPM di kota Parepare merupakan bentuk antusias Pemerintah kota Parepare untuk menanggulangi kemiskinan di kota Parepare. Mantan Kabag humas dan kadis kominfo berharap, melalui pelaksanaan Mekanisme pendaftaran warga kurang mampu ini nantinya, warga miskin di kota Parepare dapat terdaftar dalam data terpadu dan program bantuan jaminan sosial dapat menyentuk kalangan warga secara tepat sasaran. ()