Bappeda Harap SKPD Penanggungjawab lokus Kota Sehat serius

Komentar Dinonaktifkan pada Bappeda Harap SKPD Penanggungjawab lokus Kota Sehat serius

IMG_20170727_145509

PAREPARE — Jelang kedatangan tim verifikasi pusat kota sehat, Bappeda langsung menggelar rapat bersama SKPD, Kamis (27/07/2017) di Ruang Rapat Bappeda.  Pertemuan ini dihadiri SKPD yang berkontribusi langsung terhadap pengelolaan tatanan kota sehat.

“Kami minta dukungan SKPD untuk memberikan intervensi serius dan pembenahan maksimal terhadap lokus di setiap tatanan yang telah ditetapkan,” ungkap Kabid Perencanaan Wilayah dan Ekonomi Bappeda, Zulkarnain, ST, M.Si.

Tahun ini, Parepare menetapkan delapan tatanan siap verifikasi. Kasubid Pemerintahan dan Aparatur Bappeda, Nirmalasari Haya, S.Pi, M.AP menjelaskan bahwa  masing-masing tatanan merupakan binaan SKPD.

Kedelapan tatanan tersebut yaitu kawasan hutan sehat di bawah binaan dinas lingkungan hidup; kawasan pariwisata sehat di bawahi dinas pariwisata; kawasan industri dan perkantoran sehat ditangani dinas perdagangan; kawasan permukiman, sarana dan prasarana sehat oleh dinas perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan.

“Sedangkan kawasan tertib lalu lintas oleh dinas perhubungan; kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dibawahi dinas kesehatan; kehidupan sosial yang sehat bersama dinas sosial; serta ketahanan pangan dan gizi menjadi tanggungjawab dinas ketahanan pangan,” urai Nirmalasari.

Pemenuhan tatanan diukur melalui sejumlah aspek lingkungan, sosial dan kesehatan di antaranya terciptanya udara bersih yang ditandai terpenuhinya standar ISPA, kendaraan bermotor memenuhi syarat emisi, penurunan kasus gangguan pernapasan dan TB paru, penyediaan air bersih, pengelolaan limbah memenuhi syarat, dan pengelolaan sampah yang baik.