Habibie Pilih Parepare untuk Bangun Museum Dirinya

Komentar Dinonaktifkan pada Habibie Pilih Parepare untuk Bangun Museum Dirinya

IMG-20170730-WA0005

PAREPARE — Parepare kembali mendapat penghargaan istimewa dari Presiden ketiga RI Prof BJ. Habibie. Ia memilih Parepare sebagai lokasi pembangunan museum Kepresidenan BJ Habibie.

Sebagai mantan orang nomor satu di negeri ini, Habibie memiliki banyak aspek yang membuat diri dan kiprahnya diabadikan dalam sebuah museum. Rencana pembangunan museum ini akan bertempat di rumah kelahiran Habibie yang berlokasi di Jalan Abdul Jalil Kota Parepare.

“Pak Habibie tertarik di Kota Parepare karena beliau lahir di sini dan ingin museum itu berdiri di rumah tempat beliau dilahirkan,” ungkap Kepala Bappeda, H. Iwan Asaad, AP, M.Si

DSC_89961

 Saat ini rumah tersebut digunakan sebagai rumah jabatan Pimpinan Bank BNI Cabang Kota Parepare. Senin (24/02/2017) lalu, Bappeda kembali melakukan koordinasi bersama jajaran Pemkot Parepare dan pimpinan Bank BNI Cabang Kota Parepare guna membahas perkembangan persiapan pembangunan museum yang akan menjadi ikon di Kota Parepare.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan pemantauan langsung ke lokasi  pembangunan museum yang sehari-hari menjadi hunian kepala cabang BNI tersebut.

Di Parepare jejak manis dan penuh kenangan indah Habibie telah mendahului pembangunan museum dirinya tersebut.

Patri Habibie dapat disaksikan mulai dari gerbang batas kota Parepare dengan kabupaten Barru, Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun yang berdiri di alun-alun kota, Balai Ainun Habibie di Jalan Pasar Senggol serta RSU modern tipe B dr. Hasri Ainun yang tengah dibangun.

Di mata Walikota Parepare, Dr. HM. Taufan Pawe, SH.MH,  Habibie menjadi sosok inpiratif , guru dan tokoh bangsa yang memiliki jiwa besar dan pemikiran cemerlang. Taufan kemudian menghadirkan jejak Habibie dalam berbagai ornamen bangunan di Kota Parepare. //nir