Hak Anak Terpenuhi, Parepare Raih Penghargaan Kota Layak Anak

Komentar Dinonaktifkan pada Hak Anak Terpenuhi, Parepare Raih Penghargaan Kota Layak Anak

5

PAREPARE – Satu lagi prestasi yang diraih Parepare tahun ini. Parepare sukses mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak. Walikota Parepare Dr. H.M. Taufan Pawe, SH. MH, dijadwalkan bertolak ke Riau menerima penghargaan, Sabtu (22/07/2017).

Parepare terpilih sebagai satu dari delapan daerah di Sulawesi Selatan yang didapuk untuk menyandang predikat Kota Layak Anak.

Terpilihnya Parepare sebagai Kota Layak Anak menegaskan bahwa Parepare telah menjadi kota yang sangat peduli terhadap anak. Ini juga menandakan Parepare adalah kota yang baik, nyaman, dan aman untuk anak.

Predikat Kota Layak Anak menjadi tolak ukur bahwa fasilitasi pemenuhan hak anak telah tercapai. “Kebutuhan anak merupakan salah satu prioritas dalam agenda pembangunan Kota Parepare, mulai dari kebutuhan anak di sektor pendidikan, kesehatan, sosial budaya, kebutuhan bermain dan lain sebagainya,” ungkap Kepala Bappeda, Iwan Asaad, AP, M.Si,

Saat ini Kota Parepare telah menyediakan fasilitas kebutuhan anak dalam berbagai bidang  pembangunan. Di bidang pendidikan, Pemkot Parepare telah membangun sekolah ramah anak yang disertai dukungan fasilitas pendidikan lainnya berupa bantuan beasiswa bagi anak berprestasi dan kurang mampu serta angkutan umum gratis bagi anak sekolah.

Di bidang kesehatan, Pemkot Parepare telah menghadirkan pusat-pusat layanan kesehatan yang dilengkapi fasilitas bermain.

 Tak sekadar itu, Pemkot Parepare juga sangat memperhatikan aspirasi dan kebutuhan anak. Mereka diberikan ruang untuk berkontribusi secara langsung dalam pembangunan di Kota Parepare melalui musyarawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) anak.

Dalam musrenbang inilah, anak-anak dapat mengungkapkan segala bentuk kebutuhannya, dimana Pemkot Parepare senantiasa memprioritaskan masukan dalam musrenbang tersebut terutama yang menyangkut kebutuhan dasar anak.

Untuk membangun kreatifitas dan mengembangkan daya nalar anak melalui proses-proses diskusi, Pemkot Parepare juga telah menghadirkan forum anak sebagai komunitas anak. Melalui wadah ini pula, anak-anak akan memahami pentingnya membangun hubungan sosial secara baik, karena mereka berkumpul dengan jenjang pendidikan berbeda serta usia yang tidak sama satu dan lainnya.