Parepare Siap Ikut Lomba Penilaian Gender

Komentar Dinonaktifkan pada Parepare Siap Ikut Lomba Penilaian Gender

28a3b454-7c33-47ae-86fd-568a61683721

Parepare – Bappeda kembali merapatkan barisan bersama seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Parepare menyambut penilaian Pengarusutamaan Gender (PUG) pada tahun 2018 mendatang. Agenda penilaian dibahas dalam rapat koordinasi yang diselenggarakan di Ruang Rapat Bappeda, Kamis (20/07/2017).

Penilaian Pengarusutaman Gender dilangsungkan setiap dua tahun sekali.  Daerah yang sukses meraih penilaian terbaik akan diganjar dengan penghargaan gender yang disebut Anugrah Parahita Ekapraya (APE).  Seperti halnya perlombaan bidang pembangunan lainnya, kompetisi ini juga diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia.

“Predikat APE merupakan klaim terhadap daerah yang sukses mengintegrasikan PUG di wilayahnya,” ungkap Syarifullah saat mengawal diskusi persiapan penilaian tersebut.

Pengarusutamaan Gender merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara), melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

“Program PUG menjadi jembatan untuk mendukung penguatan terhadap isu-isu gender di berbagai bidang pembangunan” tambah Syarifullah

Pemerintah Kota Parepare dari waktu ke waktu semakin care terhadap isu-isu gender yang secara nyata telah ditunjukkan melalui hadirnya pembangunan program responsif gender. Hal ini secara eksplisit tertuang dalam Rencana Kerja (Renja) SKPD.

Kepala Bidang Kesetaraan Gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Hj Nikmah, yang menjadi salah satu peserta rapat, menguraikan hal tersebut sebagai bentuk komitmen Kota Parepare terhadap pelaksanaan PUG. Melalui berbagai gerakan peduli gender yang telah dilakukan, Parepare mengikutsertakan dirinya dalam kompetisi APE sejak tahun 2014 lalu. Pada tahun 2018, Parepare kembali menyatakan dirinya siap mengikuti kompetisi PUG dan menargetkan meraih APE.